GORONTALO KEMENAG

Dialog Lintas Agama, Kakankemenag : Boalemo Aman Dan Nyaman...Jangan Terlena

... Kakankemenag Boalemo Harun B. Yunus membuka Dialog Lintas Agama, Selasa (23/5/17). Turut hadir Kabag TU Kanwil Kemenag Prov. Gorontalo Hamka Arbie selaku narasumber.

BOALEMO (kemenag.go.id) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo melaksanakan Dialog Lintas Agama Tingkat Kabupaten, bertempat di Gedung Auditorium Kankemenag Boalemo, Selasa (23/5/17). Dihadiri 30 peserta yang terdiri dari unsur pengurus FKUB Boalemo, KesbangPol Boalemo, Ormas, perwakilan tokoh agama dan pemuda lintas agama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo H. Harun B. Yunus,S.Ag saat membuka acara mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan yang digagas subbag TU ini. Pasalnya menurut Kakankemenag, kegiatan ini merupakan bagian dari wujud perhatian terhadap semangat dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama.

"Tentu disamping itu pula, dengan seringnya bertemu dan berdialog, maka terjalin pula silaturahmi diantara sesama," terangnya.

Kakankemenag juga menekankan kepada semua pihak agar tidak terlena dengan kondisi Boalemo saat ini yang dalam keadaan aman dan nyaman.

"Kondisi ini tentu wajib untuk dijaga dan dipertahankan. Namun tentu harus tetap waspada dan antisipatif terhadap gerakan yang dapat merusak keberagaman yang ada di Boalemo," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kakankemenag juga memaparkan kegiatan yang rawan konflik terkait keagamaan, diantaranya Pendirian Rumah Ibadah, penyiaran agama kepada penganut agama lain, perkawinan berbeda agama, perayaan hari besar keagamaan, penodaan agama dan kegiatan aliran sempalan.

"Mari kita jaga kerukunan yang ada di Boalemo, dengan terus menjaga silaturahmi serta jalin komunikasi. Agar gesekan mengarah pada rusaknya keberagaman dapat terdeteksi sedini mungkin," imbuhnya. (irsyad/rie)