GORONTALO KEMENAG

Kemenag Kota Gorontalo Gelar Bimbingan Manasik Haji

... Kakankemenag Kota Gorontalo Syaifudin Sidiki menyampaikan sambutan pada kegiatan manasik haji tingkat Kota Gorontalo, Senin (10/7/17). Pada tahun ini, JCH Kota Gorontalo berjumlah 506 jamaah dari total 981 JCH Provinsi Gorontalo.

KOTA (kemenag.go.id) – Jelang Musim Haji 1438 H/2017 M, Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar manasik bertempat di Masjid Sabilurrasyad UNG, Senin (10/7/17).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Dr. Rusman Langke,M.Pd didampingi Kakankemenag Kota Gorontalo Drs. Syaifudin Sidiki,M.Si. Turut Hadir Kasubag TU Irwan Latif,SE, para Kepala KUA Kecamatan se-Kota Gorontalo, Ketua Kloter, pembimbing ibadah, tenaga medis, serta panitia dari Seksi PHU.

Menurut Kepala Seksi PHU Abd.Rasjid Nomba,S.Ag, kegiatan manasik ini diikuti seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Gorontalo yang berjumlah 506 jamaah.

"Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan tentang rangkaian Ibadah Haji secara teknis di lapangan. Diharapkan dengan kegiatan ini, para JCH bisa lebih memahami rangkaian ibadah haji ketika di tanah suci Makkah," ungkapnya.

Pelaksanaan manasik haji dilakukan selama 10 hari. Untuk tingkat Kota Gorontalo dilaksanakan selama 2 hari masing-masing pembukaan dan penutupan manasik. Serta tingkat Kecamatan selama 8 hari. Waktu yang diberikan itu dinilai sudah mencukupi untuk kegiatan manasik haji.

"Manasik tingkat kecamatan dimulai tanggal 11 sampai 18 Juli 2017 yang dikoordinir oleh Kantor Urusan Agama (KUA)," terang Abd.Rasjid.

"Bagi JCH yang ingin mendapatkan informasi tentang kegiatan manasik haji bisa datang ke kantor Kemenag Kota Gorontalo, atau mendatangi  langsung kantor KUA setiap kecamatan sesuai dengan domisili jamaah," imbuhnya. (wahyu/rie)