Awal Masuk Sekolah, Jajaran MAN 2 Kabgor Saling Bermaafan

...

GORONTALO (kemenag.go.id) – Hari masuk sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Gorontalo diwarnai dengan suasana Halal bihalal. Momen saling bermaafan ini digelar Senin (03/07) bertempat di halaman MAN 2 Kab. Gorontalo.

Halal bihalal ini diikuti Kepala MAN 2 Kabupaten Gorontalo Yartam Ismail Nasaru, M.Pd, Kepala Urusan Tata Usaha Muzakir Abdul Muthalib Hanasi, S.Ag, para Wakil kepala Madarasah,  para Guru, dan seluruh staf pegawai Tata Usaha serta seluruh Siswa.

Kepala Madrasah Yartam Ismail Nasaru, M.Pd dalam kesempatan itu mengajak kepada seluruh guru, staf tata usaha dan seluruh siswa agar kembali beraktifitas setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1438 H. "Setelah kita berlibur bersama keluarga, sanak dan saudara di kampung halaman diharapkan menambah semangat dalam bekerja, dan bagi para siswa semangat kembali untuk belajar bersungguh-sungguh," katanya.

Orang Nomor satu di MAN 2 Kabupaten Gorontalo ini berpesan, melalui Halal Bihalal bersama-sama lebih mempererat tali silaturahim. "Dan saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1438 H, Taqabbalallahu minna wa minkum, Ja'alanallaahu Minal Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin," ujarnya.

Sebelumnya Karjianto, M.Pd dalam Tausyiahnya menyampaikan tentang makna dan tujuan Halal bihalal. Menurutnya berhalal bi halal tidak sekedar mengharapkan dimaafkannya (dihalalkannya) sesuatu kesalahan atau dosa antara sesama manusia, tetapi adalah untuk menjadikan hubungan yang lebih baik lagi. "Bahkan ada nilai silaturahim didalamnya," kata Karjianto.

Lebih lanjut pria yang memiliki hobi membaca ini menjelaskan, dengan berhalal bi halal mereka dapat saling meminta dan memberi maaf. Sehingga segala kesalahan, dosa dan yang menyebabkan keruhnya hubungan kemanusiaan dapat dijernihkan. Ibarat benang kusut yang tidak teratur dapat diurai menjadi terajut dan teratur baik kembali, semuanya sudah dihalalkan (dimaafkan).
"Dengan demikian kita dapat menjalin hubungan silaturahim dan membuka lembaran baru untuk diisi dengan yang lebih baik, sehingga dapat menjadi manusia yang terbaik yaitu bermanfaat untuk orang lain," pungkasnya.

Sementara itu Waka Humas H. Yusuf Bagu, M.Pd melaporkan bahwa kegiatan halal bihalal berjalan dengan sukses dan lancar. "Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kebersamaan," harapnya. (uq/aa)