GORONTALO KEMENAG

239 JCH Kabgor Ikuti Manasik

...

LIMBOTO (kemenag.go.id) – Bertempat di Masjid Agung Baiturrahman Limboto, sebanyak 239 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Gorontalo mengikuti Manasik Haji yang digelar Kantor Kementerian Agama Kab. Gorontalo, Kamis (13/7/17). Kegiatan manasik dibuka Bupati Kabupaten Gorontalo, Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd.

Bupati Nelson mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung pelaksanaan manasik ini. Karena menurutnya, pelaksanaan kegiatan manasik haji sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji. Yakni untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam serta proses perjalanan haji.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada seluruh JCH Kabupaten Gorontalo, yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Kesempatan ini juga dimanfaatkan Bupati untuk menjelaskan bahwa seluruh jemaah akan mendapatkan uang saku.

Bupati berharap bahwa manasik haji agar diselesaikan pada bulan Juli, agar pada bulan selanjutnya jemaah haji fokus pada persiapan pemberangkatan, baik persiapan diri, dan keluarga dari jemaah haji tersebut.

Turut hadir pada pembukaan manasik ini Kakankemenag Kabupaten Gorontalo Dr. H. Marwan Razak, M.Pd.I, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh H. Chaeruddin,S.Ag, M.Pd.I, juga Ketua Kloter 29 UPG yang menjadi kloter JCH Kab. Gorontalo  Drs. H. Ibrahim T. Sore,M.Pd.I.

"Bagi Bapak/Ibu jemaah, kami ingatkan untuk perbanyak syukur. Karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang seharusnya sudah dapat berangkat, akan tetapi harus tertunda keberangkatannya karena berbagai hal," terang Bupati.

"Oleh karena itu, bapak/ibu yang tahun ini sudah mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji, agar dapat menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya,

"Persiapkan fisik dan mental, serta ilmu tentang pemahaman bagaimana cara pelaksanaan haji yang benar. Sebab hanya dengan cara demikian, para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam, dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna," ujarnya.

"Semoga kegiatan manasik haji berjalan dengan baik dan lancar, serta mendapat ridho Allah. Dan senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan, dan petunjuk. Dan pada akhirnya Insya Allah menjadi haji mabrur," tutup Nelson.

Manasik Haji kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kakankemenag Kabupaten Gorontalo tentang Manasik Perjalanan Ibadah Haji, serta pengarahan kepada seluruh JCH oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh. (raya/rie)