Duta Pentas PAI Bonbol Diseleksi

...

BONBOL (kemenag.go.id) – 33 orang siswa/siswi SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Bone Bolango mengikuti  Seleksi Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2017, yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Bolango, Senin (21/8/17).

Kegiatan yang mengambil tema Memantapkan Keberagamaan, Merawat Keberagamaan digelar di aula Kantor Kemenag Bone Bolango dan dibuka secara resmi oleh Drs. H. Suleman Tongkonoo, M.HI, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Bone Bolango dengan melombakan 3 cabang yakni Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato, dan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ).

Dalam sambutannya, Kakankemenag Drs. H. Suleman Tongkonoo, M.HI, mengatakan,  PENTAS PAI untuk  SD, SMP, SMA dan SMK merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Agama.

"Seleksi ini ditujukan untuk mengukur kompetensi dan prestasi peserta didik di bidang Pendidikan Agama Islam, dan juga sebagai wahana syiar Islam. Terlebih lagi adalah juga untuk memotivasi peserta didik agar lebih bergairah mempelajari, memahami, mencintai dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam dalam kehidupannya," tutur pria yang juga dikenal sebagai seorang da’i di Provinsi Gorontalo.

Selanjutnya Suleman berpesan kepada seluruh peserta lomba untuk mengikuti seleksi Pentas PAI dengan serius dan sebaik-baiknya agar dapat membawa nama harum Bone Bolango di kancah Provinsi maupun di tingkat Nasional.

"Tunjukkan kemampuan maksimal yang kalian miliki. Tampillah dengan penuh percaya diri. Kalah menang bukan soal, yang penting berani unjuk gigi dan tetap berdoa," ucapnya.

"Terimakasih pula saya sampaikan kepada panitia pelaksana, para guru PAI, dan pendamping siswa/siswi peserta seleksi Pentas PAI tingkat Kabupaten Bone Bolango atas kedatangan dan partisipasinya dalam memeriahkan gelaran lomba ini," tambah Suleman.

Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS), Elvian, S.Sos. M.Si, ketika ditemui awak Humas Kemenag Kabupaten Bone Bolango di ruangannya mengatakan, kegiatan ini seyogyanya akan dilaksanakan secara besar-besaran, akan tetapi anggaran tidak mencukupi, sehingga dilaksanakan secara sederhana akan tetapi tetap dengan kemeriahan.

"Seandainya anggaran yang tersedia cukup besar, maka ajang Pentas PAI ini akan dibuat secara besar-besaran dan mengikutsertakan seluruh sekolah tanpa terkecuali di Kabupaten Bone Bolango," ujarnya.

"Meski demikian, kami tetap berusaha melaksanakannya dengan meriah. Semoga ajang ini dapat menelorkan siswa siswi berprestasi, yang dapat mengharumkan nama Bone Bolango di tingkat Provinsi maupun Nasional," tutupnya sambil tersenyum. (rjp/rie)