Idul Adha 1438 H, Kemenag Gorut Qurban-kan 19 Ekor Sapi

...

GORUT (kemenag.go.id) – Jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Utara melaksanakan penyembelihan hewan qurban di hari kedua, Sabtu (2/9/17) bertempat di halaman Kantor. Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Gorontalo Utara Drs. H. Fardin Ali seluruh pejabat eselon IV, JFU, serta guru dan pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Gorontalo Utara.

Tahun ini, jumlah hewan qurban sebanyak 19 ekor sapi. Terdiri dari Kantor Kemenag 12 ekor sapi, MIS Al Azfar 2 ekor sapi, MTsN 1 Gorontalo Utara, MIS Al Furqon, MIS Al Hidayah Tolinggula, dan MTs Al Khairat Kwandang masing-masing 1 ekor sapi. Untuk MTs Al Khairat 1 ekor sapi merupakan pemberian Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara.

Menurut Kepala Kantor Drs. H. Fardin Ali, Idul Qurban adalah hari raya Islam yang lebih menekankan betapa pentingnya arti perjuangan dan pengorbanan sejarah Nabi Ibrahim AS demi menggapai keridhaan Allah SWT. Perjuangan dan pengorbanan yang diajarkan Islam adalah pengorbanan yang tidak pernah sia-sia sepanjang zaman.

"Penyembelihan hewan qurban adalah wujud ketaatan dan kecintaan Nabi Ibrahim AS. Dalam sejarah umat manusia, Nabi Ibrahim AS adalah super tauladan dalam berqurban. Pengorbanan Nabi Ibrahim tidak sekedar untuk kepentingan dan kebahagiaan hidup di zamannya saja, tapi juga setiap generasi sampai akhir zaman," terangnya.

Kakankemenag berharap dengan semangat Idul Qurban ini, hidup kedepannya semakin bernilai. Dan penyembelihan hewan qurban yang dilakukan, membuat diri semakin dekat dengan Allah, serta dapat menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekitar.

"Alhamdulillah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Utara telah melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Ini diharapkan bisa dipertahankan atau bisa lebih ditingkatkan, agar hikmah yang terkandung dalam Idul adha bisa tercapai,” ucapnya.

"Semoga ini menjadi catatan ibadah dan amal sosial bagi kita, dalam rangka mensyukuri nikmat yang diberikan Allah," tegas Fardin Ali usai menyaksikan penyembelihan hewan qurban. (ysr/rie)