Hulonthalangi Tuan Rumah Penyembelihan Qurban KUA Se-Kota Gorontalo

... Suasana penyembelihan hewan qurban di KUA Hulonthalangi Kota Gorontalo, Ahad (3/9/17).

KOTA (kemenag.go.id) – Tahun ini memasuki tahun ke-2, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Kota Gorontalo melaksanakan penyembelihan hewan qurban, sebagai tindak lanjut pelaksanaan penyembelihan qurban di tingkat Kementerian Agama Kota Gorontalo.

Demikian disampaikan panitia qurban H. Marton Abdurrahman,S.Ag,MHI usai penyembelihan hewan qurban yang berlangsung di KUA Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo, Ahad (3/9/17).

Menurut Marton, penyembelihan hewan qurban di KUA dilaksanakan secara bergilir. Tahun sebelumnya merupakan penyembelihan perdana telah dilaksanakan di KUA Kecamatan Kota Timur. Kini giliran KUA Kecamatan Hulonthalangi, dan tahun berikutnya akan ditentukan selanjutnya.

"Untuk jumlah, Syukur Alhamdulillah pada tahun ini jumlah hewan qurban meningkat yaitu sebanyak 8 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Adapun anggota pesaham qurban sebanyak 57 anggota (8 Kelompok) dengan rincian Kepala KUA, Penghulu dan semua pegawai / staf yang berada di 9 Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Gorontalo," ungkapnya.

Sementara itu Kepala KUA Hulonthalangi Moh. Fikry Hioda,M.Pd selaku tuan rumah mengatakan dirinya mendukung program yang dilakukan ini. Karena menurut Fikry, dengan agenda rutin ini selain dapat meningkatkan tali silaturahmi, juga tali kasih dengan sesama.

"Apalagi daging-daging dari hewan kurban, disamping dibagikan kepada tetangga dekat kantor, juga didistribusikan ke empat Panti Asuhan, dan masyarakat sekitarnya," tambahnya.

"Komitmen ajaran agama itu harus ada di hati kita. Pasalnya jika tidak beriman, tidak akan mau berqurban. Sehingga kami mencoba untuk mengaplikasikan terhadap apa yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim, AS dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi KUA sebagai garda terdepan membentuk karakter anak bangsa, tentu kami akan memberikan contoh kepada masyarakat," terang Fikry.

Mursito Paputungan,S.Ag selaku Kepala KUA Kecamatan Kota Tengah dan anggota panitia qurban tidak lupa mengucapkan terima kasih atas pertisipasi rekan-rekan Kepala KUA, Penghulu dan pegawai di lingkungan Kemenag Kota Gorontalo, yang sudah ikhlas untuk bersama-sama melaksanakan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan di KUA Hulonthalangi.

"Insya Allah pada tahun depan dan juga tahun-tahun berikutnya, kebersamaan ini dapat kita lanjutkan. Untuk jumlah hewan qurban yang akan dipotong juga akan meningkat, sehingga semakin banyak hewan qurban yang kita potong, semakin banyak pula masyarakat yang kurang mampu dapat kita bantu," imbuhnya. (ma/rie)