Lima Belas Pasang Catin di Pohuwato Dibina Serentak

... Kepala Kankemenag Pohuwato, Drs.H.Yudin Moonti memberikan pembinaan pada 15 pasangan Calon Pengantin.

POHUWATO (kemenag.go.id) - Pembinaan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Catin) Angkatan I digelar Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kememag Kab. Pohuwato bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pohuwato, Jum'at (8/10/17). Sebanyak 15 pasangan Calon Pengantin mengikuti kegiatan ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Yudin Moonti, M.Pd saat memberikan sambutan sekaligus materi mengatakan,  perkawinan dalam hukum Islam bukan hanya merupakan sesuatu yang sakral, namun juga merupakan ibadah dan penyempurna agama. Oleh karena itu perlu bagi setiap muslim yang sudah siap menikah untuk meluruskan tujuan nikah atau niat menikah agar rumah tangga harmonis dan penuh berkah. "Mengingat kelangsungan rumah tangga nantinya setelah menikah akan ditentukan oleh niat awal dalam membangun rumah tangga," ujarnya.

Kakankemenag mengucapkan terima kasih kepada Seksi Bimas Islam yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Pasalnya kegiatan ini sangat penting sebagai upaya untuk keharmonisan hubungan rumah tangga yang akan dijalani.

"Semoga materi pembinaan  ini menjadi bekal yang baik dalam membina rumah tangga bagi Catin dan membantu memberikan wawasan agar lebih berhati-hati dalam membina rumah tangga," harapnya sembari menambahkan, perkawinan merupakan saat peralihan terpenting dalam lingkaran kehidupan seorang individu.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dikes Kabupaten Pohuwato, Irwana A. Samawati, SKM selaku pemberi materi tentang Kesehatan Reproduksi, menyampaikan Catin perlu mengetahui informasi reproduksi untuk menjalankan proses, fungsi dan perilaku reproduksi yang sehat dan aman. Irwana menjelaskan, calon pengantin laki-laki yang akan menjadi calon ayah harus memiliki kesehatan yang baik dan berpartisipasi dalam perencanaan keluarga.

Kepala seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kab. Pohuwato Drs. H. Fahry Djafar turut memberikan materi kepada 15 pasang calon pengantin sekaligus menutup acara dimaksud. (uq/voger)