Jemaah Haji Tanazul Tiba di Gorontalo

... Jemaah Haji Gorontalo yang ditanazulkan, Hj. Sau Ambo saat tiba di Bandara Djalaludin Gorontalo, Rabu (13/9).

GORONTALO (kemenag.go.id) – Jemaah Haji Gorontalo yang dipulangkan lebih awal (Tanazul) atas nama Hj. Sau Ambo (67) tiba dengan selamat di Gorontalo, Rabu (13/9) sekitar pukul 11.00 Wita, menggunakan maskapai Lion Air. Kedatangan Hj. Sau Ambo dijemput sejumlah Panitia Penyelengagra Ibadah Haji (PPIH) di Bandara Djalaluddin Gorontalo, dilengkapi beberapa sarana kesehatan seperti Mobil Ambulance siap membawa yang bersangkutan jika harus dirujuk ke Rumah Sakit.

Setibanya di Bandara Djalaluddin Gorontalo, Jemaah langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Petugas Kesehatan PPIH Provinsi Gorontalo. Dari hasil pemeriksaan, yang bersangkutan dinyatakan dalam kondisi stabil, dan oleh Tim Kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Gorontalo sebagai bagian dari PPIH Provinsi Gorontalo memutuskan bahwa Hj. Sau Ambo tidak lagi dirujuk ke Rumah Sakit dan dibolehkan pulang rumah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provisi Gorontalo, Dr.H.Rusman Langke,M.Pd.I menyambut gembira atas kedatangan jemaah haji yang tanazul ini. Lebih membahagiakan Kakanwil, bahwa kondisi kesehatan yang bersangkutan oleh Tim Kesehatan PPIH Provinsi Gorontalo dinyatakan membaik.

"Alhamdulillah Ibu Hj. Sau Ambo, dalam kondisi stabil dan baik, dan tidak perlu dirujuk ke Rumah Sakit, sehingga bisa langsung berkumpul dengan keluarga," akunya.

Dengan adanya rekomendasi dari Tim Kesehatan, maka Kakanwil langsung mengintruksikan ke PPIH Gorontalo agar jemaah bersangkutan diantar dan diserahkan secara resmi ke pihak keluarga, saat itu juga. "Yang bersangkutan kita sudah antar dan serahkan ke pihak keluarga," akunya.  Jemaah diserahkan oleh PPIH yang diwakili Kasi Pembinaan Haji dan Umrah, H. Asrul Lasapa,S.Ag kepada pihak keluarga di kediamaan Hj. Sau Ambo di Kelurahan Biawao Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.

Seperti diberitakan sebelumnya Satu Jemaah Haji asal Provinsi Gorontalo yang tergabung dalam Kloter 25 UPG, atas nama Hj. Sau Ambo (67) warga Kelurahan Biawao Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo, harus dipulangkan lebih awal (Tanazul) bersama dengan Kloter 8 UPG yang berisi Jemaah Haji asal Papua.

Kepastian Tanazul terhadap Hj. Sau Ambo diperoleh setelah Kantor Urusan Haji Republik Indonesia khususnya Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah telah memutuskan dan mengizinkan agar jemaah bersangkutan harus dipulangkan lebih awal, mengingat kondisi jemaah sedang sakit. (ukhy)