Keluarga Jemaah Haji Puas Atas Pelayanan PPIH

... Jemaah Haji yang tanazul, Hj. Sau Ambo beserta Petugas Haji dan keluarga Jemaah saat menjemput di Bandara.

GORONTALO (kemenag.go.id) – Penanganan maksimal terhadap salah seorang Jemaah Haji Gorontalo yang ditanazul (dipulangkan lebih awal), Rabu (13/9) atas nama Hj. Sau Ambo oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Gorontalo, ternyata membuat puas keluarga jemaah.

Salah seorang anak jemaah, Rostin Pakaya menuturkan, pihak keluarga sangat terbantu dengan kesigapan Panitia Haji. Mulai dari pemberangkatan di Makkah, penjemputan di Makassar hingga pengurusan penerbangan menuju Gorontalo, termasuk penanganan jemaah setelah tiba di Gorontalo, sangatlah memuaskan. Seluruh panitia yang terlibat kata Rostin, menunjukan semangat dan tanggung jawab tinggi.

Demikian pula Tim Kesehatan sebagai bagian dari PPIH, selalu sigap dan cekatan memberikan pelayanan kesehatan. Bahkan tidak kalah terkesannya Rostin, ketika sejumlah PPIH dari Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, mengantarkan barang milik jemaah termasuk air zam-zam langsung ke kediaman jemaah. "Kami kira nanti kami keluarga yang menjemputnya, ternyata sudah diantarkan, sesaat setelah orang tua kami tiba di rumah," aku Rostin.

Olehnya Rostin menyampaikan banyak terima kasih kepada PPIH Provinsi Gorontalo baik dari Kementerian Agama maupun Tim Kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang telah banyak membantu kepulangan orang tuanya, Hj. Sau Ambo hingga bisa berkumpul kembali dengan keluarga. "Kami menyampaikan banyak terima kasih atas semua pelayanan dan bantuan ini, terus terang kami sangat puas," ucapnya dihadapan sejumlah PPIH yang mengantarkan orang tuanya di kediaman mereka.

Kepuasan keluarga jemaah ini disambut hangat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Dr.H.Rusman Langke selaku Ketua PPIH dan juga Kepala Staf Urusan Haji Provinsi Gorontalo. Rusman menyampaikan terima kasih kepada keluarga jemaah yang puas atas pelayanan PPIH. "Kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik, karena memang ini sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai petugas haji," ujarnya.

Kakanwil pun menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang tergabung dalam PPIH Provinsi Gorontalo, baik Pemerintah Provinsi Gorontalo, Kementerian Agama, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi, Bea Cukai, maupun pihak Penerbangan, yang sudah memberikan penanganan maksimal kepada jemaah. "Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman PPIH sudah bekerja maksimal dan terpadu, dan selalu berkoordinasi dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada jemaah," ungkap Kakanwil.

Kakanwil berharap, PPIH Provinsi Gorontalo selalu menjaga kekompakan dalam melaksanakan tugas dengan memberi pelayanan maksimal kepada jemaah. Bertanggung jawab terhadap tugas masing-masing. "Karena selain tugas, tanggung jawab ini juga merupakan ibadah. Apalagi melayani jemaah haji yang merupakan tamu-tamu Allah, tentu nilai ibadahnya tinggi," tandas Kakanwil. (ukhy)