Perkuat Kerukunan, Kanwil Gorontalo Bangun Dialog di Tingkat Desa

...

GORONTALO (kemenag.go.id) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo terus berupaya mempertahankan kerukunan antar umat beragama yang ada di Provinsi Gorontalo. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun komunikasi dari tingkat bawah.

Karena itulah Subbag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama (KUB) menyelenggarakan Dialog Lintas Agama Kelurahan Hunggaluwa, Kelurahan Kayumerah dan Kelurahan Kayubulan di Aula Kantor Lurah Hunggaluwa, Kecamatan Limboto (19/9). Peserta berasal dari perwakilan pemuda lintas agama dari masing-masing Kelurahan tersebut.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Gorontalo Dr. H. Rusman Langke,M.Pd menilai dialog dari tingkat bawah ini sangat efektif karena dapat mendengar langsung keluhan, saran dan usul dari masyarakat. "Sehingga kerukunan yang selama ini kita banggakan dapat terjaga. Apalagi daerah kita ini dikenal dengan filosofi Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah," ujarnya. 

Menurut Kakanwil, dialog kerukunan tingkat kelurahan bukan hanya upaya mempertahankan kerukunan umat beragama. Tetapi juga diharapkan dapat menjaga empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang – Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kerukunan di Provinsi Gorontalo lanjut Kakanwil, tidak lepas dari peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Dengan adannya dialog lintas agama diharapkan dapat menjadi solusi terpeliharanya kerukunan antar umat beragama. 

"Ini sangat penting, karena konflik bisa terjadi akibat tidak adanya komunikasi antar pemeluk agama, dan semua permasalahan itu dapat diselesaikan selama kita bangun komunikasi. Maka inilah fungsi FKUB," jelasnya. 

Secara khusus, Kakanwil memberi apresiasi terhadap pemerintah setempat yang memberikan fasilitas dalam pelaksanaan dialog kerukunan umat beragama. Selama ini dialog selalu dilakukan di tingkat Kanwil sehingga yang akan hadir hanya perwakilan saja.

Sebelumnya, Kasubbag Hukum dan KUB H. Mahmud Bobihu,S.Ag selaku panitia pelaksana mengaku sengaja menyelenggarakan kegiatan ini ditingkat desa untuk mendengar permasalahan yang ada dan meminta informasi serta sumbangan pikiran tentang bagaimana meningkatkan kerukunan umat beragama, khusunya di kecamatan limboto. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo H.Hamka Arbie,M.HI, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Dr. H. Marwan Razak,M.Pd.I, Ketua FKUB Kabupaten Gorontalo, serta Camat Limboto. (mh/umar)