AMINEF Kunjungi MAN 2 Kab Gorontalo

...

KABGOR (kemenag.go.id) – Amerika Indonesia Exchange Fondation (AMINEF) adalah salah satu lembaga kerjasama Amerika dan Indonesia yang memfasilitasi kehadiran English Teaching Assistan (ETA). Sejak tahun 2016, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabbupaten Gorontalo mendapatkan bantuan guru bahasa Inggris yang berasal dari Amerika untuk membantu guru bahasa Inggris di Madrasah tersebut untuk meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris bagi siswa kelas X dan XI. 

Memasuki tahun ketiga, MAN 2 Kab. Gorontalo tetap berusaha untuk mendapatkan ETA yang akan membantu guru bahasa Inggris di Madrasah. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengisi formulir permohonan bantuan yang ditujukan ke AMINEF. Selain itu MAN 2 Kab. Gorontalo juga terus membenahi tempat tinggal ETA sesuai dengan persyaratan dari AMINEf. 

Sebagai tindak lanjut dari permohonan yang dikirim Kepala MAN 2 Kab. Gorontalo, pihak AMINEFmelakukan kunjungan ke MAN 2 Kab. Gorontalo (6/2). Kunjungan ini pertama bertujuan untuk mengevaluasi peran ETA periode 2017-2018, Mr. Ian Morse. 

Pihak AMINEF melakukan evaluasi dengan menyaksikan langsung Mr. Ian Morse melakukan pembelajaran di dalam kelas. Hal yang dinilai tentunya adalah teknik mengajarnya. Dari hasil pemantauan langsung dilapangan, teknik mengajar Mr. Ian Morse terlihat sangat bagus karena menggunakan teknik mengajar yang tidak menegangkan siswa serta mudah dipahami. 

Disamping mengevaluasiperan ETA, kunjungan pihak AMINEF ini juga bertujuan untuk memverifikasi kelayakan madrasah dalam mendapatkan bantuan ETA pada periode 2018-2019. 

Hal yang menjadi indikator penilaian adalah kondisi tempat tinggal ETA, jumlah siswa yang akan diajar, kesiapan stakeholder Madrasah dalam menerima kehadiran ETA, serta perkembangan keterampilan bahasa Inggris siswa MAN 2 Kab. Gorontalo setalah 2 tahun berturut-turut mendapat bantuan guru bahasa Inggris dari AMINEF.

Wakil pihak AMiNEf yang juga dosen Universitas Atmajaya Jakarta Mrs. Christin, Ph,D melakukan kunjungan di MAN 2 Kab. Gorontalo mengatakan perkembangan ketrampilan bahasa Inggris di MAN 2 Kab. Gorontalo sangat luar biasa. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran didalam kelas, respon siswa sangat aktif. 

“Pembelajaran di dalam kelas 95% menggunakan bahasa Inggris, ini menandakan bahwa siswa MAN 2 Kab. Gorontalo dalam mendengar dan memahami bahasa Inggris sudah sangat baik” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kab. Gorontalo Dr. Rommy Bau, M.Pd.I, mengatakan kehadiran ETA di Madrasah yang dipimpinnya itu sangat membantu peningkatan ketrampilan berbahasa Inggris bagi siswa bahkan bagi guru. 

Minat belajar siswapun meningkat dengan kehadiran ETA. Mr. Ian Morse menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi civitas akademika MAN 2 Kab. Gorontalo. Menurut Rommy, sosok yang sangat periang dan mempunyai talenta yang baik itu akan menjadi katrol pengungkit semangat siswa dalam mendalami bahasa dunia ini. 

Rommy mengaku kehadiran ETA ini memang benar-benar memiliki nilai positif bagi perkembangan madrasah. Hal ini akan diwujudkan lagi dengan dibukanya jurusan bahasa pada MAN 2 Kab. Gorontalo tahun Pelajaran 2018-2019. (umar/sg)