Subag TU Kemenag Pohuwato Monev di Madrasah Negeri

...

POHUWATO (kemenag.go.id) – Salah satu aspek yang sangat penting dalam menjaga akuntabilitas penggunaan dan pelaporan anggaran adalah melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) penggunaan anggaran. Olehnya Sub Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Pohuwato melaksnanakan monev penggunaan anggaran  kamis (12/02) di beberapa Madrasah Negeri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pohuwato Drs. H. Yudin Moonti, M.Pd menyampaikan bahwa monev ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk Mengkaji apakah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan rencana. Monev bukan untuk mencari kesalahan tetapi semata-mata untuk melihat langsung pengelolaan dan enggunaan serta pelaporan anggaran. 

Anggaran kata Yudin harus dikelola dengan baik dan benar serta dapat dipertanggungjawabkan dengan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Bersarnya tanggung jawab dalam pengelolaan anggaran harus diikuti dengan kapasitas atau kemampuan pengelola anggaran tentang penggunaan anggaran,” tandasnya. 
Yudin berharap apabila ada dokumen yang harus diperbaiki dan dilengkapi maka harus secepat mungkin dapat diperbaiki serta lakukan koordinasi secara intensif dengan Kementerian Agama Kab. Pohuwato.

Senada dengan itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Rindah Kohongia, S.Pd.I mengatakan tujuan monev ini untuk melihat langsung bagaimana pengelolaan laporan keuangan dilakukan dimasing-masing Satker. 

“Bagaimana kita sebagai ASN memperbaiki apa yang telah kita kerjakan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, baik yang berkaitan dengan laporan keuangan, kepegawaian maupun hal yang terkait dengan aturan yang telah ditetapkan,” ujarnya.
Monev dilaksnakan selama tiga hari yakni tanggal 8 - 12 Februari dengan tiga lokasi berbeda yakni MTsN 1, MTsN 2 dan MAN 1 Pohuwato.

Kepala MTsN 1 Pohuwato, Dra. Nilda S Ladiku menyambut baik Monev yang dilakukan Kementerian Agama Kab. Pohuwato. Menurutnya, ini adalah kegiatan yang bagus untuk mengetahui sejauh mana tingkat prestasi kerja yang telah dilakukan selama ini. (umar/wayan)