Sosialisasi Pembentukan UPZ Masjid, Yudin: Harus Dikelola dengan Baik

...

POHUWATO (kemenag.go.id) Kementerian Agama sebagai bagian dari pemerintah turut serta dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sejumlah kebijakan dan program kegiatan, diantaranya pengelolaan dan pemberdayaan zakat. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pohuwato Drs.H. Yudin Moonti,M.Pd saat memberikan materi pada kegiatan Sosialisasi Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid bertempat di Hotel Golden Sri Marisa Kamis (08/02/18).

Menurut Kakankemenag, zakat menyimpan potensi yang sangat dasyat apa bila dapat di kelola secara profesional, transparan serta amanah maka akan mampu menunjang pengentasan kemiskinan dan dapat meningkatkan kesejahteraan umat. 

Apa bila ingin mewujudkan tujuan zakat untuk mengatasi kesenjangan sosial dan meningkatkan kesejahteraan maka dalam pengelolaan zakat harus berdasarkan pada aturan yang telah ditetapkan serta didasarkan pada fungsi fungsi manajamen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksnaan dan pengawasan.

Kepala seksi Bimbingan Masyarakat Islam Drs. H. Amin Mohune saat membuka acara tersebut menyampaikan UPZ merupakan bagian dari jaringan Nasional yang harus memiliki stndarisasi kebijakan dalam menjalankannya sehingga upaya meningkatkan kesejahteraan umat melalui pemberdayaan zakat dapat terwujud.

"Olehnya dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dalam pengumpulan zakat   serta akan terbentuk pengelola zakat yang amanah, transparan serta dapat dipercaya oleh masyarakat," harapnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kasi Pendidikan Madrasah menyampaikan pula bahwa UPZ masjid dibentuk untuk meningkatkan kinerja pengumpulan zakat masjid yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positi dalam perkembangan keislaman dilingkungan masjid melalui pemberdayaan zakat.

Ketua panitia Selmi Supu, S.Ag Melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 40 peserta dan dilaksnakan sehari. Hadir pula sebagi pemateri Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Drs. H. Fahry Jafar yang membahas tentang Fiqih Zakat, serta pengurus BAZNAS Kab. Pohuwato. (umar/Voger)