Ini Kata Kasi Ponpes Bidang PAKIS Tentang Imunisasi Measles Rubella

... Kasi Pondok Pesantren (Ponpes) Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS), Dr. H. Hamdan Ladiku, M.HI, pose bersama dengan peserta lainnya saat mengikuti kegiatan Evaluasi Program Rutin dan Persiapan Kampanye Introduksi Imunisasi Measles Rubella

GORONTALO, (kemenag.go.id) -  Kampanye imunisasi MR adalah suatu upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun melalui pemberian imunisasi MR tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Imunisasi ini sifatnya wajib dan tidak memerlukan informed concens.

Anak menjadi sasaran vaksin Campak dan Rubella agar terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity) sehigga transmisi atau penularan penyakit campak dan rubella dapat dihentikan. Jika kondisi tersebut dapat dipertahankan, maka eliminasi campak dan rubella akan segera tercapai.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kasi Pondok Pesantren (Ponpes) Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS), Dr. H. Hamdan Ladiku, M.HI, saat mengikuti kegiatan Evaluasi Program Rutin dan Persiapan Kampanye Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR) Fase II, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Kemenkes RI, yang berlangsung di Hotel Trans Bali, Senin (12/2) kemarin melalui link whatsap Kanwil Kemenag Gorontalo. 

Suasana para peserta perwakilan dari berbagai Instansi se-Indonesia saat mengikuti Sosialisasi Imunisasi MR.

“Kegiatan ini merupakan pertemuan Kemenkes RI dengan intansi yang ada di seluruh Indonesia baik Instansi Horizontal maupun Instansi Vertikal dalam mensosialisasikan tentang pentingnya Imunisasi MR,” ungkapnya.

Disisi lain lanjut Kasi Ponpes Bidang PAKIS ini mengatakan, Imunisasi Measles Rubella ini memang baru kali ini terlaksana. Akan tetapi hubungan kegiatan ini dengan Kemenag sendiri tak lain merupakan salah satu program yang ada di Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam.

“Mengingat kegiatan ini termasuk pada salah satu program yang ada di Kemenag Gorontalo khususnya Bidang PAKIS, Insya Allah akan bermanfaat bagi semua untuk mengetahui tentang pentingnya Imunisasi MR,” pungkasnya. (HL/Ayiz)