Boalemo Miniatur Keberagaman Indonesia

...

BOALEMO (kemenag.go.id) – Keberagaman masyarakat Kabupaten Boalemo yang bisa dikatakan merupakan miniatur Indonesia, dimana merupakan potensi yang sangat penting untuk meningkatkan derajat hidup masyarakatnya.

Akan tetapi, ini juga bisa menjadi potensi yang akan mengancam eksistensi masyarakat Boalemo bahkan bisa jadi juga akan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Hal tersebut diungkapkan  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo H. Harun B. Yunus,S.Ag,MH pada saat membuka acara Dialog Umat Beragama yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Botumoito, Kamis (15/02) kemarin.

Harun mengatakan hampir semua suku dan agama yang ada di Indonesia itu ada di Boalemo. Oleh karenanya peran serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sangnatlah penting.

“Kalau kita tidak dapat mengelola keberagaman ini, maka bukan tidak mungkin ancaman disintergrasi bangsa Indonesia ini akan dimulai dari Boalemo,” tuturnya.

Sementara itu, penanggungjawab kegiatan Ismail Usman dalam laporannya mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan sikap saling menghormati dan saling menghargai antara masyarakat yang berbeda suku, agama serta adat istiadat yang dianutnya. 

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 40 orang yang terdiri dari para kepala KUA se-kabupaten Boalemo, seluruh pengurus FKUB Kabupaten Boalemo serta beberapa tokoh agama yang ada di Kabupaten Boalemo, serta menghadirkan empat pemateri yang terdiri dari Kepala Kantor Kementerian Agama, Wakil Bupati, Kapolres, serta Kepala Kantor Kesbangpol Linmas Kabupaten Boalemo.

Dialog Umat Beragama diakhiri dengan pembahasan serta pembentukan pengurus FKUB Kabupaten Boalemo periode 2018-2023. Beberapa pengurus lama mengundurkan diri karena sudah aktif sebagai pengurus partai politik.

Hal ini tentu saja tidak sejalan lagi dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di dalam FKUB yaitu Surat Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri nomor 9 dan nomor 8 tahun 2006 serta AD/ART FKUB. (umar/is)