Kemenag Paparkan Program SBSN di KEJARI Gorut

...

GORUT (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Dr. H. Arfan Tilome, MHI didampingi Ketua ULP Kanwil Kemenag Propinsi Gorontalo Dr. Hj. Wiwik Widyawaty Mayang, SE,M.Si dan Kepala Seksi Bimas Islam Kankemenag Gorut Drs. H. Yusrin Taib,MH memaparkan program anggaran SBSN di Gedung Kejaksaan Negeri (KEJARI) Gorontalo Utara, Rabu pekan lalu.

Kakankemenag menjelaskan bahwa SBSN atau Surat Berharga Syariah Negara merupakan pengembangan berbagai alternatif instrumen pembiayaan anggaran negara,  khususnya yang berdasarkan prinsip syariah, SBSN dapat juga disebut Sukuk Negara atau surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah berdasarkan prinsip Syariah.

Lebih lanjut Kakankemenag mengatakan bahwa Kementerian Agama terus meningkatkan kualitas infrastruktur layanan pendidikan, balai nikah dan manasik, serta asrama haji dengan skema pembiayaan SBSN.

Untuk Kementerian Agama Kabupaten Gorut di tahun 2018 memperoleh anggaran SBSN yakni pembangunan infrastruktur berupa gedung Balai Nikah dan Manasik sejumlah 2 lokasi, masing – masing Kecamatan Atinggola dengan anggaran Rp. 1.525.500 dan Kecamatan Anggrek dengan jumlah anggaran Rp.1.480.700.

"Dan proses administrasi sedang berjalan, baik segi penghapusan BMN maupun kelengkapan dokumen lainnya," tambah Kakankemenag.

Untuk itu, terkait dengan adanya MoU antara Kemenag dan Kejari Gorut tentang TP4D maka melalui pemaparan tersebut Kakankemenag berharap agar dapat dilakukan pendampingan sebagai upaya mendeteksi dan mencegah sedini mungkin hal-hal yang dapat berpotensi lalai maupun salah, sehingga berimbas pada proses hukum.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri dalam penyampaiannya menegaskan bahwa akan memberikan garansi untuk wilayah Gorut jika sekiranya semua berjalan sesuai dengan prosedur. Dan dapat memanfaatkan TP4D sebagai wadah untuk mengkonsultasikan segala hal-hal yang perlu untuk dikonsultasikan demi kebaikan bersama. (irsyad/rie)