Menyambut Nyepi, Puluhan Umat Hindu Di Pohuwato Rayakan Upacara Melasti

... Puluhan Umat Hindu di Kabupaten Pohuwato, melaksanakan upacara Melasti

POHUWATO (kemenag.go.id) Dalam rangkaian menyambut pelaksanaan hari raya Nyepi, puluhan  umat  hinduyang ada di Kabupaten Pohuwato, melaksanakan upacara melasti atau upacara menyambut datangnya nyepi, Rabu (14/3), yang berlangsung di pantai wisata Libuo, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Pohuwato, I Made Sudi, S.Sos menyampaikan bahwa, upacara Melasti merupakan upacara pensucian diri untuk menyambut datangnya hari raya Nyepi bagi umat Hindu.

Kegiatan rutin yang di laksanakan ini, yakni dengan menghanyutkan kotoran menggunakan air kehidupan di pantai. Hal ini dilakukan oleh umat hindu, tak lain adalah untuk mensucukan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Bupati, Kapolres, Ketua DPRD, Kakankemenag serta Kejari Kabupaten Pohuwato yang telah hadir dan menyaksikan pelaksanaan Melasti  dan tentu ini satu kebanggaan diri bagi kami khususnya umat hindu yang ada di bumi Panua tercinta.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pohuwato dalam hal ini di wakili oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Paguat, Jaswadi, S.Ag, mengapresiasi terlaksananya uopacara Milasti sebagai rangkaian pelaksanaan hari raya Nyepi.

Lanjut pria yang belum lama menjabat sebagai Kepala KUA Kec. Paguat ini mengatakan, perayaan Melasti merupakan bagian dari tugas yang ada di Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas kehidupan beragama. Sehingga kualitas kehidupan beragama akan tercapai serta dapat meningkatkan bentuk kerja sama, kekompakan serta saling menghargai dan menjaga toleransi antar umat beragama yang ada di Kabupaten Pohuwato terutama dalam menjalankan ibadah yang diyakini.

“Semoga toleransi antar umat beragama yang selama ini telah terjalin lama di Pohuwato dapat terjaga selama lamanya,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, S,Pd.I  menyampaikan, upacara kebesaran agama hindu Melasti merupakan bagian prosesi perayaan untuk menyambut datangnya Nyepi.

Olehnya, orang nomor satu di Kabupaten Pohuwato ini meng Ucapan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan pada perayaan Melasti ini.  Untuk itu, marilah terus bersama saling menghormati antar umat beragama sehingga masyarakat Pohuwato dapat hidup berdampingan tanpa perbedaan ras, budaya serta agama.

“Sungguh kebanggan tersendiri dapat hadir dan menyaksikan prosesi yang sangat sakral ini,  semoga perayaan Melasti kedepannya akan lebih sukses dan lebih meriah karena ini merupakan salah satu  kekayaan yang dimiliki Kab. Pohuwato,” pungkasnya. (Voger/Ayiz)