Kakankemenag Gorut Pantau Langsung Pelaksanaan UASBN SMA/SMK

...

Gorut, (kemenag.go.id – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Utara Dr. H. Arfan Tilome, MHI didampingi Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam H. Sudaryono Kai. SH, MH melaksanakan monitoring pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) di Kabupaten Gorontalo utara.

Kunjungan tim Kemenag Kabupaten Gorut tersebut di sambut langsung oleh Kepala SMA N 1 Gorut, Maharita Usman, S.Pd, M.Pd, bersama jajaranya  di Kecamatan Kwandang, Kab. Gorut, Senin (19/3).

Usai membuka segel soal ujian dan menyerahkannya kepada pengawas ujian, Kakankemenag Gorut, Dr. H. Arfan A. Tilome, M.HI, mengungkapkan, ujian merupakan bagian dari proses sistem pendidikan Nasional yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik pada setiap jenjang satuan pendidikan.

“Saya yakin bahwa semua telah belajar dan berdoa dalam rangka menghadapi ujian ini, Untuk itu saya berharap, agar ujian berjalan lancar serta sukses dan semua peserta ujian akan lulus agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.” Kata Arfan Tilome sekilas yang selanjutnya melanjutkan pemantauan pelaksanaan UASBN di SMK Anggrek Kabupaten Gorut.

Senada dengan itu, Kasi PAKIS, H. Sudaryono Kai. SH, MH, menjelaskan, terkait proses penyusunan soal, jauh sebelumnya telah dilakukan secara berjenjang dan berdasarkan POS ujian.

“Sebelum pelaksanaan ujian ini, master soal beserta password telah diserahkan oleh Kanwil kemenag Propinsi Gorontalo kepada DIKPORA yang selanjutnya Dikpora memfasilitasi dengan menghadirkan seluruh MKKS se-Propinsi Gorontalo, dan memberikan kewenangan kepada seluruh MKKS untuk melakukan penggandaan soal sesuai jumlah peserta ujian dimasing-masing Kabupaten/Kota. (Irsyad/Az)