Suleman : Jadi Petugas Haji Harus Mampu Layani Jamaah

...

BONBOL (kemenag.go.id) – Peraturan tentang Penyelengaraan ibadah haji yang tertuang dalam UUD Nomor 13 Tahun 2008 dan peraturan Menteri Agama Nomor 14 Tahun 2012 menyebutkan bahwa dalam rangka pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jemaah haji, Kementerian Agama melaksanakan rekruitmen petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Layanan Umum yang menyertai dan melayani jamaah haji Tahun 2018. 

Untuk itu Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kabupaten Bone Bolango melalui Tim Panitia Seleksi menggelar tes tertulis kepada delapan orang calon petugas Haji Tingkat Kabupaten Bone Bolango yang terdiri dari 5 calon petugas TPHI, 2 calon petugas TPIHI dan 1 untuk calon petugas Layanan Umum, Kamis, (29/03) di Aula Kemenag Kab. Bone Bolango.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Bolango, Drs.H. Suleman Tongkonoo,M.HI, didampingi Kepala Seksi PHU, Jasmin Hilomalo,S.HI ketika memberikan sambutan, menyampaikan harapan kepada calon Petugas Haji untuk memperbaiki niat menjadi petugas haji sehingga ketika terpilih dapat bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan kepada Jamaah Haji.

“Menjadi Petugas Haji harus mampu memberikan pelayanan dan membantu jamaah dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji, olehnya harus berdoa dan berusaha dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi tes,” paparnya.

Sementara itu, ketua panitia seleksi Munasri Muliya Katili mengatakan seleksi tingkat Kabupaten Bone Bolango ini yang sedianya akan diikuti sepuluh peserta, tetapi setelah melalui seleksi berkas, dua orang dinyatakan gugur, sehingga menyisakan 8 peserta yang berhak mengikuti tes seleksi.


“Hanya 3 peserta yang akan lulus dan terpilih untuk mengikuti tes tahap selanjutnya yang akan dilaksanakan di tingkat Provinsi,” tutur Munasri.

Selanjutnya setelah acara seremonial pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan seleksi tertulis yang juga dihadiri oleh Suriah Ntoi,S.Ag sebagai pengawas dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo. Seleksi dimulai dari pukul 09.00 dan berakhir pukul 10.30 wita. (umar/iam)