Seberangi Lautan, Kakankemenag Gorut Sapa Masyarakat Ponelo Kepulauan

...

GORUT (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Utara Dr. H. Arfan Tilome,MHI didampingi Kepala Seksi Bimas Islam H. Yusrin Thaib,MH bersama Kepala Sub Bagian Tata Usaha Dra. Hj. Rifkah Maladjim, serta Kepala KUA Kecamatan Kwandang Yusuf Djauhari, S.Ag mendatangi Kecamatan Ponelo Kepulauan, Selasa (10/4/18).

Kedatangan Kakankemenag bersama rombongan disambut dan dijamu oleh Sekcam Royin Buheli di ruang kerja Camat Ponelo Kepulauan. Pada kesempatan tersebut, Kakankemenag menjelaskan bahwa maksud kunjungan dari pihak Kemenag Gorut adalah untuk bersilaturahmi dengan aparat kecamatan serta masyarakat kecamatan yang terletak di pulau Ponelo.

Kakankemenag menjelaskan bahwa masyarakat Ponelo Kepulauan saat ini dalam pelayanan keagamaan khususnya pada Kantor Urusan Agama masih berada pada wilayah Kecamatan Kwandang, sehingga kesulitan pasti dapat dirasakan oleh warga kecamatan Ponelo kepulauan. Karena jika masyarakat Ponelo memerlukan pelayanan KUA harus menyebrangi lautan, jikalau kondisi cuaca bersahabat.

"Diantara alasan itulah kami dari Kemenag Gorut datang bersilaturahmi, serta menyapa warga masyarakat Ponelo Kepulauan. Dan pada prinsipnya kami selalu siap melayani masyarakat yang butuh pelayanan terkait fungsi kami," terang Kakankemenag.

Usai berbincang, Kakankemenag bersama rombongan diajak oleh Sekcam mengunjungi suatu tempat, yang menurut Sekcam lokasi tersebut telah disiapkan oleh pemerintah untuk pembangunan Gedung KUA maupun balai nikah jika Kemenag membutuhkan.

Hal ini telah disiapkan sebagai upaya dari pemerintah untuk kemudahan percepatan pelayanan masyarakat, sehingga jika Kecamatan Ponelo telah memiliki Gedung balai nikah sendiri, maka masyarakat tak perlu menyebrangi laut melawan ombak untuk memperoleh pelayanan khususnya dalam hal keagamaan.

Hal tersebut diapresiasi oleh Kakankemenag Gorut dan akan berupaya kepulauan Ponelo beroleh gedung balai Nikah sendiri, mengingat salah satu syarat utama dalam pembangunan gedung yakni tersedianya lahan atau tanah yang bersumber dari hibah.

Hal menarik lainnya adalah Ponelo merupakan satu Pulau yang dihuni oleh kurang lebih 4,400 jiwa atau 1.100 Kepala Keluarga. Meskipun sudah menjadi wilayah kecamatan sendiri, namun sebagian pelayanannya masih bergantung pada kecamatan induk sebelum dimekarkan yakni Kecamatan Kwandang.

Untuk menuju Ponelo harus menyebrangi laut menggunakan perahu nelayan yang dijadikan angkutan umum bagi masyarakat. Butuh waktu 25 menit bisa sampai dermaga berikutnya yakni Kwandang sebagai ibukota Kabupaten Gorontalo Utara. (irsyad/rie)