Pelaksanaan UN-BK di Boalemo Diwarnai Padamnya Aliran Listrik

...

BOALEMO (kemenag.go.id) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berstandar Nasional (UN-BK) tingkat Madrasah Aliyah (MA) baik Swasta maupun Negeri (MAN) di Kabupaten Boalemo khususnya di Kecamatan Tilamuta masing-masing MAN 1 Boalemo dan MA Alkhairaat Tilamuta pekan lalu diwarnai insiden padamnya aliran listrik. 

Hal itu menjadi salah satu hasil Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan UN-BK yang dilaksanakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo H. Harun B. Yunus, S.Ag, MH didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Dra. Hj. Hasni Dj. B. Ishak, M.Pd serta pengawas Madrasah Drs. H. Alkuwato.

Kepala MAN 1 Boalemo Erman Hubu, S.Pd, M.Pd yang menerima kunjungan Monev itu menjelaskan bahwa sebetulnya pihak Madrasah telah berupaya semaksimal mungkin untuk dapat melaksakan UN-BK ini dengan baik. Termasuk upaya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya padamnya aliran listrik ini. 

“Kami telah menghubungi pihak PLN jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan UN-BK. Namun yang terjadi di lapangan memang diluar perkiraan dan kuasa kita semua. Bahkan padamnya aliran listrik ini terjadi sampai dua kali,” demikian urai Erman.

Dipihak lain ketika ditanya Tim Humas Kemenag, salah seorang petugas PLN menjelaskan bahwa padamnya aliran listrik di wilayah Tilamuta memang bukan hal yang disengaja, tetapi karena terjadinya Black Out System.

Pada kesempatan lain, tim Monev Kemenag juga memantau pelaksanaan UN-BK di MA Alkhairaat, MA Almunawwarah Paguyaman serta MA Cokroaminoto Wonosari. Tim monev tidak menerima laporan adanya pemadaman listrik pada ketiga Madrasah ini, hanya saja masih ada Madrasah yang masih menggunakan fasilitas Madrasah lain untuk pelaksanaan UN-BK, yaitu MA Cokroaminoto yang masih menggunakan fasilitas laboratorium di MTs Negeri 2 Boalemo. (umar/Isman)