Kakanwil Beri Pembinaan Mental Kepada Siswa MTsN 1 Kota Gorontalo

... Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo, H. Kudrat Dukalang, S.Ag, M.Pd membuka sekaligus memberikan arahannya pada kegiatan Pembinaan Mental Siswa Kelas IX MTsN 1 Kota Gorontalo di Aula MTsN, Selasa (17/4).

GORONTALO, (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo, H. Kudrat Dukalang, S.Ag, M.Pd, membuka sekaligus memberikan Pembinaan Mental bagi seluruh siswa siswi kelas XI Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo, di Aula MTsN 1 Kota Gorontalo, Selasa (17/4) pagi tadi.

Dihadapan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid PendMa), Dra. Hj. Fitriyani Humokor, M.Pd.I bersama Kepala MTsN 1 Kota, Karjianto, M.Pd dan jajaran Kemenag Gorontalo lainnya beserta para guru MTsN 1 Kota, dan diikuti seluruh siswa MTsN 1 Kota khususnya siswa kela IX atau kelas II, Kakanwil H. Kudrat Dukalang, S.Ag, M.Pd menyampaikan dimana bahwa betapa sangat pentingnya pembinaan mental bagi para siswa. 

“Pembinaan mental merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan untuk memelihara, melatih, membimbing, dan mengarahkan batin dan watak seseorang  yang lebih baik supaya menjadi manusia seutuhnya. Artinya sosok manusia yang mempunyai kekuatan baik fisik maupun psikis dan mampu mengadakan perubahan-perubahan dalam tingkah laku dan sikap dimasa yang akan datang di dalam lingkungannya,” ungkap Kakanwil.

Tak hanya pendidikan mental terhadap intelektual saja, namun pendidikan mental terhadap agama juga sangat penting dilaksanakan dan di terapkan di setiap Sekolah/Madrasah. 

Antusias para siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Gorontalo Kelas IX saat mengikuti kegiatan Pembinaan Mental yang berlangsung di Aula MTsN 1 Kota, Selasa (17/4).

Oleh karena itu, kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan dan diikuti oleh para peserta didik generasi bangsa dimasa mendatang. Apalagi dengan tema di usung oleh pihak Madrasah yaitu Tingkatkan Kecerdasan Spiritual, Raih Ketakwaan, Sukses Dunia Akhirat, dimana tema ini sangat berkaitan erat dengan kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual serta emosional yang dimiliki oleh setiap individu manusia dan ini tidak boleh dipisahkan karena hanya dengan hal tersebut seseorang bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, sehingga keberhasilan akan mudah didapat baik didunia maupun di akhirat nanti.

“Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan manusia, karena akan mendorong kita untuk bprilaku positif, mendorong kita untuk berbuat bijaksana, dan juga memunculkan berbagai macam perasaan, baik senang, sedih, bahagia, sakit dan yang lainnya,” pungkasnya.

Untuk itu pria yang pernah menjabat Kepala Biro AUAK IAIN Manado, Sulawesi Utara ini berharap, dengan adannya kegiatan seperti ini, para peserta didik khususnya yang ada di MTsN 1 Kota Gorontalo, dapat mengikutinya dengan sebaik mungkin dan menerapkanya dalam kehidupan sehari hari. (Ayiz)