Kemenag Boalemo Sinkronkan Data Emis Madrasah

... Kepala Kantor Kementerian Agama kabupatenBoalemo H. Harun B. Yunus, S.Ag, MH, saatmemberikanMateripadakegiatanSinkronisasi Data EMIS se-KabupatenBoalemo

BOALEMO (kemenag.go.id) – Membangun Data itu Mahal dan Sulit, tetapi Jauh Lebih Mahal dan Sulit Membangun tanpa Fondasi Data yang Kuat dan Akurat. Jargon ini seakan mendorong Kementerian Agama (Kemenag) Boalemo terus berupaya memperoleh data yang akurat dan valid.

Apalagi adanya pengaruh arus globalisasi pada berbagai aspek yang mengakibatkan meningkatnya kebutuhan dan manfaat data dan informasi seluruh kalangan baik itu Institusi Pemerintah, Swasta, Perguruan Tinggi maupun masyarakat umum. 

Peningkatan kebutuhan dan manfaat ini seyogianya dibarengi dengan upaya terpadu dari segenap penyedia maupun pemanfaat data yang mengarah kepada tersedianya data yang berkualitas baik dari sisi keakuratan dan kemutakhirannya yang didukung dengan tata cara serta kemudahan untuk mengaksesnya.

Menjawab tantangan ini Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo mengadakan kegiatan Sinkronisasi Data Madrasah Tingkat Kabupaten Boalemo Tahun 2018 yang berlangsung selama sehari (16/04) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo H. Harun B. Yunus,S.Ag,MH pada sambutan pembukaannya mengatakan bahwa sangatlah perlu untuk segenap stakeholder pendidikan madrasah untuk meningkatkan kualitas data yang disajikan melalui sistem pendataan Education Management Information System (EMIS) secara periodik dan berkesinambungan.

“Pelaksanaan Updating Data EMIS dari waktu ke waktu dipandang perlu guna penyempurnaan dan penguatan berbagai aspek seperti Hardware, Software, SDM, serta koordinasi dan komunikasi,” terang Harun. 

Sementara itu Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Dra.Hj. Hasni Dj. B. Ishak, M.Pd, dalam laporannya menyampaikan  kegiatan ini diikuti para operator data EMIS sebanyak 31 orang yang terdiri dari Operator RA 5 Orang, Operator MI 13 Orang Operator MTs 8 Orang serta Operator MA 5 Orang. Menghadirkan 3 orang Pemateri yang terdiri dari Kakankemenag Boalemo, serta 2 orang Narasumber dari Kanwil Kemenag ProvinsiGorontalo yaitu Bahrun Usman, S.Fil.I dan ArfanBisango. (umar/Isman)