Rakor Program Pondok Pesantren Dibuka Langsung Oleh Kakanwil

... Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo, H. Kudrat Dukalang, S.Ag, M.Pd saat membuka sekaligus memberikan arahannya pada kegiatan Rakor Program Ponpes se-Gorontalo, Selasa (17/4) di Ballroom Hotel Asrama Haji Gorontalo.

GORONTALO, (kemenag.go.id) – Sebanyak 30 orang/peserta yang terdiri dari para Kepala Seksi (Kasi) Pondok Pesantren dan Pimpinan Pondok Pesantren dari kab/kota se-Gorontalo, Selasa (17/4), mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pondok Pesantren (Ponpes) yang di selenggarakan oleh Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Bidang PAKIS) Kemenag Gorontalo. 

Rakor Ponpes tersebut, di buka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, H. Kudrat Dukalang, S.Ag, M.Pd didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) PAKIS, Dra. Hj. Misnawaty S. Nuna, M.H bersama Kasie Pendidikan Menengah, H. Fikri A. Ntuli, S.Ag, di Ballroom Hotel Asrama Haji Gorontalo.
Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Gorontalo, H. Kudrat Dukalang, S.Ag, M.Pd menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan Rakor Program Ponpes yang di selenggrakan oleh Bidang PAKIS Kemenag Gorontalo.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi para Kasi dan Pimpinan Ponpes yang ada di Gorontalo. Karena sebagai lembaga pendidikan keagamaan, Ponpes perlu menunjukkan eksistensinya yang harus berbeda dengan lembaga pendidikan. pada umumnya,” ungkapnya usai membuka secara resmi Rakor Program Ponpes.

Lanjut Pria lulusan S2 manajemen Pendidikan, Universitas Manado ini mengatakan, Meskipun pondok pesantren juga menggunakankan kurikulum Nasional, tetapi nilai keislamannya harus benar2 dibumikan.

Selain Ponpes harus menjadi teladan bagi pendidikan karakter yang saat ini sedang menjadi tema sentral pendidikan, Ponpes juga harus mampu menunjukkan prestasinya dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan basis nilai yang menjadi icon pesantren.

Suasana para kasi dan pimpinan Pondok Pesantren dari kab/kota se-Gorontalo saat mengikuti Rakor Program Ponpes yang berlangsung di Ballroom Hotel Asrama Haji Gorontalo, Selasa (17/4).

“Saya berharap, seluruh pondok pesantren yang ada di Provinsi Gorontalo terus memacu kualitas peserta didik/santri dan santriwati baik dalam mengembangkan potensi Ponpes sebagai layanan masyarakat maupun dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek),” harapnya sembari meminta jajaran Bidang PAKIS, agar senantiasa terus memonitor perkembangan Ponpes supaya menjadi lebih maju, terutama didalam pengajaran keutamaan melaksanakan kewajiban umat Islam yakni melaksanakan Sholat lima waktu. 

Sementara itu dalam laporan panitia, Hj. Misnawaty S. Nuna, M.H melaporkan, dalam rangka menunjang program pemerintah dalam bidang pendidikan,  sebab Ponpes dianggap sebagai solusi bangsa dalam menghadirkan generasi sebagai penerus bangsa yang berkarakter baik berkarakter bangsa maupn berkarakter ke Islaman. 

Sehingganya itu, untuk menguatkan program seksi Ponpes sebagaimana yang dimaksud dipandang perlu melakukan Rakor Program Ponpes dengan melibatkan para Kasi dan pimpinan Ponpes yang ada di Gorontalo. 

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini, tak lain yakni melakukan sinkronisasi program antar seksi Ponpes baik pada lingkup Kemenag Gorontalo maupun pada Kemenag kab/kota,” terang Kabid PAKIS Kemenag Gorontalo ini. (Ayiz)