Selasa, 15 Mei 2012
Sejarah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo

Kantor Wilayah Departemen Agama hadir di Provinsi Gorontalo seiring dengan terbentuknya Provinsi ini pada tahun 2001. Undang-undang otonomi daerah menuntut Departemen Agama sebagai instansi vertikal, harus ada di daerah baik di tingkat Provinsi maupun kabupaten kota.

Maka terbentuklah saat itu, meski masih berstatus sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) yang dipimpin oleh Drs. H. Rosyad Abidi yang kesehariannya menjabat sebagai Kabagset pada Kanwil Depag Provinsi Sulawesi Utara. Beliau ditunjuk untuk mengkoordinir tugas-tugas yang bertalian dengan fungsi Departemen Agama, dibantu oleh satu orang Pegawai Negeri Sipil yang berasal dari Kanwil Provinsi Sulawesi Utara yaitu Zohra D. Rahman, S.Ag dan dua orang tenaga abdi masing-masing Dra. Nansi Zakaria dan Arfan Djaini. Untuk melaksanakan aktivitas perkantoran, dipilihlah gedung Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota Selatan yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Kota Gorontalo, dengan memanfaatkan segala fasilitas yang ada di KUA tersebut dalam menunjang lancarnya aktivitas pekerjaan.

Status Koordinator Wilayah berlangsung hingga bulan Januari 2002, seiring dengan ditingkatkannya status menjadi Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Gorontalo sebagai salah satu instansi vertikal di Provinsi Gorontalo sesuai Surat Keputusan Menteri Agama yang saat itu dijabat Prof. Dr. H. Said Agil Husin Munawarah, MA, Nomor : B.II/3/005/220 tanggal 08 Januari 2002. Dan menetapkan Drs. H. Moh. Salim Aldjufri sebagai Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Gorontalo. Yang resmi dilantik tanggal 22 Pebruari 2002 di Aula Kantor Walikota Gorontalo oleh Gubernur Gorontalo, Ir. Fadel Muhammad dihadiri Kakanwil Depag Provinsi Sulawesi Utara, Drs. H. Yusuf Otoluwa. Banyak hal unik yang mewarnai perjalanan lahirnya Kanwil Depag Provinsi Gorontalo, diantaranya saat Kepala Kantor Wilayah mendatangi Sekretariat Sementara Kanwil yang ada di KUA Kecamatan Kota Selatan harus disambut dengan luapan air yang telah menggenangi seluruh kantor.

Dengan status Kantor Wilayah maka Departemen Agama Provinsi Gorontalo pun secara perlahan terus melakukan pembenahan baik sarana prasarana maupun struktur kepegawaian. Maka lahirlah Surat Penugasan kepada 9 orang personil (9 wali) bernomor : W/1-a/KP.01.1/01/2002 tanggal 22 Januari 2002 yang ditetapkan sebagai surat pertama yang dikeluarkan oleh Kantor Wilayah. Surat tersebut menetapkan Drs. Abd. Latif Mile untuk menjalankan tugas bidang Madrasah dan Pendais Sekolah Umum, Zohra D. Rahman, S.Ag (Bagian Tata Usaha), Drs. Suleman Tongkonoo (Bimas Islam), Drs. Syaifudin Sidiki (Peka Pontren, Pendamais), Mahmud Y. Bobihu, S.Ag (Pelayanan Haji dan Umrah), Amsari Alip dan Dra. Nansi Zakaria sebagai staf Tata Usaha serta Arfan Djaini sebagai driver.

Demikian halnya sarana dan prasana, Kanwil mendapat bantuan fasilitas dari Pemerintah Provinsi dan Kandepag Kota Gorontalo maupun Kandepag Kabupaten Gorontalo serta MAN Insan Cendekia diantaranya satu unit mobil dinas DM 53 A milik Kandepag Kota Gorontalo yang digunakan sebagai kendaraan dinas Kakanwil, Meja setengah biro dan kursi masing-masing 5 buah, mesin ketik pinjaman dari Kandepag Kota Gorontalo, 1 set kursi tamu dari Kandepag Kabupaten Gorontalo dan 1 unit Komputer pinjaman dari MAN Insan Cendekia.

Dengan segala keterbatasan personil dan fasilitas termasuk belum tersedianya anggaran yang saat itu masih harus ditalangi dari dana pribadi Zohra D. Rahman, S.Ag, Kakanwil dengan rasa pengabdian dan semangat yang tinggi tetap semangat menjalankan roda organisasi Kanwil Depag Provinsi Gorontalo hingga saat ini. (*)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.012243 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 230592
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.