Kamis, 8 November 2012, 08:38 –
Portal Kemenag Diminta Lebih Dioptimalkan

BALI (Humas)-Pengelolaan portal Kementerian Agama diharapkan lebih dioptimalkan, khususnya mengenai pemanfaatannya. Mengingat infrastruktur pendukung portal sudah sangat memadai. Sehingga kata Arief Mudzakir, Praktisi IT sekaligus Konsultan Ahli Kementerian Agama RI, saat menyampaikan materi pada Workshop SDM Pengelola TIK, Kamis (8/11) di Hotel Ibis Style Nusa Dua Bali, sangat sayang jika website yang bisa diakses melalui laman www.kemenag.go.id ini tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Lebih lanjut Arief Mudzakir mengatakan, keberadaan Portal Kemenag ini sudah menyebar secara menyeluruh ke seluruh unit kerja di Kantor Pusat maupun Kantor Wilayah. Sehingga tidak ada alasan jika media ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Khususnya penyebaran informasi menyangkut eksistensi Kementerian Agama pada unit kerja masing-masing. Yang mengarah pada upaya menjaga citra Kementerian Agama, sebagai salah satu instansi yang memiliki tugas fungsi memberikan pelayanan keagamaan ke masyarakat. Apalagi Kementerian Agama, selalu mendapat kawalan dari publik khususnya menyangkut pembinaan syariah maupun penyelenggaraan ibadah haji, termasuk pengelolaan pendidikan khususnya pendidikan di lingkungan madrasah dan pondok pesantren. Yang tidak sedikit publik menyampaikan kritikan maupun masukan mengenai hal itu. “Untuk itu, maka website ini kita manfaatkan untuk mensosialisasikan program kerja yang ada di Kementerian Agama,” harapkan.

Untuk memotivasi pengelolaan portal Kementerian Agama, Pusat Informasi dan Kehumasan (PINMA) Kemenag RI kata Arief Mudzakir, tetap akan melakukan evaluasi dan penilaian pengelolaan website, seperti tahun sebelumnya. Bahkan untuk tahun ini, penilaian web Kemenag lebih maju lagi tidak hanya kuantitas berita semata tetapi juga kualitasnya. Tahun lalu website Kemenag Gorontalo masih menempati peringkat ke-24.

Beberapa informasi yang disampaikan Arief Mudzakir pada kegiatan yang turut diikuti peserta dari Gorontalo, yaitu Ibrahim Rauf, Sukri Mansyur dan Ismail Abas, menyangkut pengelolaan website. Seperti cara mengupdate berita, foto, perwajahan serta conten website lainnya. Sesi penyampaian materi ini, terasa lebih ‘hidup’ dengan adanya dialog dengan para peserta mengenai kendala maupun maupun mengenai penyempurnaan pemanfaatan website Kementerian Agama ini. Saat diberikan kesempatan dialog, banyak hal yang disampaikan para peserta yang mengarah pada peningkatan pengelolaan website ini.

Harapan PINMAS mengenai pengelolaan website ini, sangat sejalan dengan semangat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, DR.H.Muhajirin Yanis,M.Pd.I yang selalu menginginkan pemanfaatan website Kemenag khususnya Kemenag Gorontalo, untuk lebih optimal. Kakanwil bahkan tidak segan-segan menegur personil pengelola website jika melihat perwajahan dan conten web tidak terupdate. Hal ini dilakukan kata Kakanwil, agar masyarakat selalu memperoleh informasi yang utuh dan terkini menyangkut keberadaan Kementerian Agama Provinsi Gorontalo. Apalagi saat ini dengan adanya Undang-Undang tentang keterbukaan informasi publik, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak menyebarkan informasi keagamaan ke masyarakat. (sukri)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.027758 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 341279
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.