Selasa, 16 April 2013, 23:17 – Bidang Haji & Umroh
Kanwil Kemenag Seleksi Calon Petugas Haji 2013

GORONTALO (Humas) – Menjelang Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1434 H/2013 M, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo mulai melaksanakan rekruitmen calon petugas Haji kloter dan PPIH tahun 2013. Sebanyak 23 orang pegawai dilingkungan Kanwil Kemenag Provinsi mengikuti ujian test tertulis sebagai seleksi tahapan pertama. Pelaksanaan ujian ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Kanwil Kementerian Agama seluruh Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo DR. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I didampingi Kabid Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Misnawati S. Nuna, M.H dan Kasie Pembinaan Haji dan Umroh H. Asrul Lasapa, S.Ag, ketika membuka pelaksanaan seleksi mengungkapkan, uji kompetensi ini dilakukan karena pada dasarnya untuk menjadi seorang petugas haji bukan hanya sekedar ingin pergi haji dan mengamalkan rangkaian manasik haji, akan tetapi yang utama yang harus diperankan adalah menjadi petugas haji harus senantiasa mengurus para jamaah di dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah selama proses pelaksanaan ibadah haji. Karena sesungguhnya kata kakanwil, petugas haji memiliki kedudukan yang sangat mulia,yaitu disamping sebagai duta bangsa sekaligus sebagai pelayan tamu-tamu Allah.

Lebih lanjut Kakanwil menguraikan, untuk petugas haji ini terdiri dari dua kategori yakni petuga kloter dan petugas non-kloter. Petugas kloter atau petugas operasional yang menyertai jamaah mempunyai tugas melakukan pelayanan umum, pelayanan ibadah, dan pelayanan kesehatan terhadap calon jamaah saat di asrama haji embarkasi, diperjalanan maupun selama di Arab Saudi. Sementara petugas non-kloter (PPIH di Arab Saudi) bertugas menyelenggarakan pembinaan, pelaksanaan tugas operasional dan pengkoordinasian, yang meliputi penerimaan kedatangan, pemondokan, transportasi, kegiatan arafah dan mina serta pemulangan Haji. Olehnya, Kakanwil meghimbau bagi seluruh peserta seleksi agar dapat mengikuti dengan serius dan menghilangkan prediksi-prediksi negatif. Sebab, Ia menjamin bahwa kerahasiaann soal ujian yang diujikan benar-benar terjaga. “ Saya yakin bahwa soal yang diujikan masih terjaga kerahasiaannya. Sebab, saya mengetahui kualitas dan dedikasi panitia seleksi. Sehingga bagi peserta jangan ragu dan hilangkan prediksi negatif yang dapat mengganggu konsentrasi ujian,” tandasnya.

Sebelumnya Kabid Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Misnawati S. Nuna, M.H mengatakan, rekruitmen ini bertujuan mencari petugas-petugas terbaik yang memiliki kemampuan dan komitmen serta semangat dedikasi dalam mensukseskan penyelenggaraan haji yang menjadi tugas rutin Pemerintah, khususnya institusi Kementerian Agama. Bagi peserta yang lolos ujian tahap pertama akan mengikuti ujian tahap kedua dengan kuota peserta untuk Kanwil Kemenag Prov. Gorontalo sebanyak 12 orang. (Ismail)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.035511 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 363088
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.