Selasa, 23 April 2013, 23:19 – Bidang Haji & Umroh
Penyelenggaraan Haji 2013 Gunakan Siskohat

GORONTALO (Humas) – Penyelenggaraan Haji tahun 2013 akan menggunakan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Seiring telah diresmikannya sistem pendaftaran online oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, (Kamis 18/04). Siskohat sendiri terkoneksi dengan enam daerah yang ada di Provinsi Gorontalo. Serta terintegrasi disemua Kantor Kementerian Agama , Kantor Imigrasi dan perbankkan. Turut hadir Kabid Penyelenggaran Haji dan Umroh Misnawati S. Nuna, M.H, Ketua Komisi IV DPRD Prov. Gorontalo Sarifudin Mobiliu, unsur perbankan dan beberapa pejabat eselon III dan IV dilingkungan Kanwil Kemenag termasuk seluruh Kakan Kemenag Kab / Kota.

Sekretaris Dirjen PHU Kemenag RI Cepi Supriatna mengungkapkan, Launcing sistem pendaftaran online bagi Jemaah Calon Haji (JCH) menjamin keakuratan data dan informasi JCH. Selain itu, sistem ini memberikan kemudahan bagi JCH untuk melakukan pendaftaran pergi haji di Kantor Kementerian Agama yang ada di Kabupaten / Kota tempat domisili. “Dulu orang lain yang daftar pergi haji, namun yang berangkat orang lain. Sekarang nggak boleh lagi karena dilengkapi dengan rekam sidik jari, retina mata, rekam wajah dan data JCH,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo DR. H. Muhajirin Yanis,M.Pd.I mengatakan, hadirnya siskohat di Kabupaten dan Kota se Provinsi Gorontalo, bukan untuk merubah kuota jamaah haji Gorontalo. Namun, siskohat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi jamaah haji di Gorontalo, sejak proses pendaftaran hingga keberangkatan dan kembali ke tanah air. “ Dari data yang ada, hingga saat ini JCH asal Provinsi Gorontalo yang masuk dalam daftar tunggu sebanyak 7125 orang. Dengan alokasi 891 jemaah tiap tahunnya, maka daftar tunggu habis diberangkatkan hingga tahun 2021 akan datang,” ujarnya.

Sementara itu Wagub Gorontalo Idris Rahim, menyambut baik penerapan sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu. Launcing Siskohat online ini merupakan usaha peningkatan dan perbaikan sistem pelayanan penyelenggaraan ibadah haji yang dapat membantu jamaah calon haji (JCH) memperoleh informasi dalam rangkaian pengurusan haji yang akan datang. “Kami sangat mengapresiasi penerapan sistem ini. Berbagai kemudahan dalam pelaksanaan ibadah haji merupakan harapan masyarakat untuk peningkatan kualitas layanan haji khususnya bagi masyarakat di Provinsi Gorontalo,” tuturnya.(GP/Is)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.816684 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 357431
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.