Rabu, 29 Mei 2013 –
Rakorda Baznas Momentum Perbaikan Pengelolaan Zakat

GORONTALO (Humas) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), Selasa (28/05), bertempat di Aula Kanwil Kemenag Prov. Gorontalo. Dibuka Gubernur Gorontalo yang diwakili Asisten Pemberdayaan Masyarakat H.Nurlan Darise. Hadir dalam acara ini Kabid Bimas Islam Kanwil, H. Sabara K. Ngou, dan Direktur Pelaksana Baznas Pusat, Teten Kustiawan, SE.Ak. beserta Tim, dan Pengurus Baznas Kabupaten Kota se Prov. Gorontalo.

Asisten Pemberdayaan Masyarakat H.Nurlan Darise ketika membacakan sambutan Gubernur Gorontalo mengatakan, Pemerintah Provinsi senantiasa memberikan apresiasi dan dukungan terhadap keberadaan Baznas. Sebab menurutnya, Baznas khususnya di Provinsi Gorontalo telah banyak membantu program Pemerintah Provinsi dalam hal mengurangi angka kemiskinan di Daerah ini. Nurlan mengusulkan agar Baznas dalam setiap penyusunan APBD dapat mengajukan anggaran yang bisa dimasukan pada dana hibah. “Pemerintah Provinsi berencana akan mengajukan usulan rancangan Perda tentang zakat, agar kedepan Baznas dapat dianggarkan melalui dana hibah,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pelaksana Baznas Pusat Teten Kustiawan, SE.Ak menjelaskan, Zakat merupakan ibadah yang berdampak sosial secara langsung. Sehingga diperlukan sistim pengelolaan yang lebih baik, agar manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh para mustahik. Sesuai Undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang zakat, ada dua tujuan zakat secara Nasional diantaranya meningkatkan efektivitas dan efesiensi pelayanan zakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta penanggualangan kemiskinan.

Kaitan dengan capaian tujuan nasional tersebut, kata Teten Kustiawan, Baznas telah menetapkan empat agenda besar diantaranya, Sosialisasi dan edukasi zakat yang tujuannya merubah paradigma masyarakat bahwa zakat bukan hanya dapat ditunaikan pada bulan Ramadhan semata, melainkan setiap individu dibebani dengan zakat. Hal lain yang menjadi agenda Baznas adalah melakukan penguatan kelembagaan, optimalisasi pemberdayaan zakat serta membangun sinergitas dengan seluruh instansi dan pihak manapun termasuk Pemerintah Daerah dan DPRD. “Intinya kami berharap pengelolaan zakat akan lebih baik dan efektif. Sehingga dapat dirasakan oleh mereka yang berhak menerimanya. Tentunya aspek penyaluran serta Sumber Daya Manusianya perlu diperbaiki,” tandasnya.

Kakaknwil Kementerian Agama Prov. Gorontalo H. Muhajirin Yanis. Melalui Kabid Bimas Islam Kanwil H. Sabara K. Ngou, menyampaikan respon positifnya atas dipilihnya Gorontalo sebagai tempat pelaksanaan rakorda. Ia berharap, Rakorda ini mampu memberikan nilai tambah terhadap perbaikan manajemen pengelolaan zakat di Gorontalo. (Mail)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.047094 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 327001
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.