Minggu, 29 September 2013, 15:15 –
Bagasi Jemaah Haji Gorontalo Steril

GORONTALO (Humas)—Jemaah Haji Provinsi Gorontalo direncanakan masuk asrama haji Embarkasi Antara Gorontalo, Selasa (1/9). Namun bagasi jemaah sudah masuk lebih awal pada hari Sabtu (29/9), dan dilakukan penimbangan oleh pihak Maskapai pada Minggu (30/9). Dipantau langsung oleh petugas Bea Cukai, Bandara Djalaluddin dan PT. Garuda Indonesia. Dipastikan seluruh bagasi Jemaah Haji Gorontalo telah steril dari barang-barang yang berbahaya ataupun barang yang mendapat larangan untuk diangkut dalam penerbangan.

Pasalnya pemeriksaan bagasi dengan menggunakan alat canggih X Ray dan alat detektor lainnya, cukup ketat. Dari pantauan media ini, beberapa koper bagasi jemaah terpaksa harus digeledah, karena terdeteksi ada barang berbahaya. Meski demikian dari hasil pemeriksaan petugas, tidak satupun barang berbahaya yang ditemukan. Beberapa barang yang dicurigai sempat dikeluarkan, tapi ternyata Rice Cooker dan botol yang berisi beras, sebagai bekal jemaah. Demikian halnya makanan berupa mie instan, dan ikan kaleng, termasuk gunting. Barang-barang tersebut dianggap aman, dalam penerbangan, sehingga diizinkan untuk kembali dikemas dalam bagasi jemaah. Dengan demikian dipastikan seluruh bagasi jemaah, telah steril.

Kabid. Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Misnawaty S. Nuna menjelaskan, jumlah seluruh bagasi jemaah haji Provinsi Gorontalo sebanyak 724 buah sesuai jumlah jemaah haji, termasuk petugas kloter. Terdiri dari kloter 25 UPG sebanyak 375 buah, merupakan bagasi jemaah berasal dari Kota Gorontalo dan Kab. Gorontalo Utara, dan petugas kloter. Dan kloter 26 UPG sebanyak  349 buah, milik jemaah asal Kab. Gorontalo, Kab. Boalemo, Kab. Pohuwato dan Kab. Bone Bolango, dan petugas kloter. Khusus untuk Kloter 26 UPG, jemaah haji asal Provinsi Gorontalo, akan ketambahan jemaah haji dari Embarkasi Makassar, khususnya jemaah dari Kab. Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut Misnawaty menjelaskan, Jemaah Haji Provinsi Gorontalo yang tergabung dalam kloter 25 UPG akan masuk Asrama Haji Embarkasi Antara Gorontalo pada tanggal 1 Oktober 2013 pukul 10.00 wita, berangkat dari Bandara Djalaluddin tanggal 2 Oktober 2013 pukul 09.15 wita. Diperkirakan tiba di Bandara Hasanuddin  sekitar pukul 10.45 wita, dan berangkat ke Jeddah pukul 15.45 wita. Dan Kloter 26 UPG masuk asrama haji Gorontalo tanggal 2 Oktober 2013 pukul 21.00 wita, berangkat dari Bandara Djalaluddin Gorontalo pukul 20.20 wita, tiba di Bandara Hasanuddin Makassar diperkirakan pukul 21.50 wita, dan bertolak ke Jeddah pukul 02.50 wita.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, H.Muhajirin Yanis berharap seluruh jemaah telah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Baik persiapan mental, kesehatan, maupun hal-hal penunjang lainnya. Agar dalam menunaikan ibadah nanti, tidak menemukan kendala yang berarti.  Sehingga bisa memperoleh predikat haji mabrur. Kakanwil pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh jemaah, atas kesadaran terhadap barang bagasi sesuai aturan keselamatan penerbangan, sehingga tidak ada barang jemaah disita oleh petugas. “Semua ini demi keselamatan bersama,” pungkasnya. (Uq)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.024171 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 357971
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.