Rabu, 2 Oktober 2013 –
1 JCH Kloter 25 Batal Berangkat

GORONTALO—Dipastikan 1 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Gorontalo yang tergabung dalam kloter 25 UPG batal berangkat. Karena diketahui positif hamil, atas nama Fitria Ilmawati Botutihe asal Kota Gorontalo. Dengan demikian kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Dr.H.Muhajirin Yanis,M.Pd.I, jemaah bersangkutan dibatalkan keberangkatannya, dan diproyeksi tahun depan untuk bisa menunaikan ibadah yang menjadi rukun Islam kelima ini.

Lebih jauh, H. Muhajirin Yanis mengungkapkan, jemaah tersebut diketahui hamil, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas PPIH dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).  Seperti diketahui, selama masa karantina di asrama haji Embarkasi Antara Provinsi Gorontalo, para jemaah menjalani beberapa prosedur baik proses administrasi maupun pemeriksaan kesehatan. Muhajirin mengaku, jemaah bersangkutan awalnya memang tidak mengetahui jika dirinya dalam keadaan hamil. Akan tetapi berkat ketelitian dan kejelian petugas kesehatan ditunjang peralatan yang memadai, dipastikan yang bersangkutan positif hamil. “Karena aturan sangat jelas, melarang wanita hamil untuk melaksanakan ibadah haji, maka kami mengambil keputusan untuk membatalkan jemaah tersebut. Semoga tahun depan sudah bisa berangkat,” terang H. Muhajirin Yanis didampingi Kabid. PHU Kanwil Kemenag Prov. Gorontalo, Misnawaty S.Nuna,MH.

Dengan batalnya 1 JCH, maka jumlah jemaah kloter 25 UPG yang sedianya 370 orang, tinggal 369 orang ditambah 5 orang petugas. Yang diberangkatkan secara resmi Gubernur Gorontalo, Drs. H.Rusli Habibie,M.AP, Rabu (2/10) dini hari di Aula Asrama Haji Embarkasi Antara Gorontalo.  Kakanwil, melaporkan dari jumlah 369 jemaah, perempuan sebanyak 240 orang (65%) dan laki-laki 129 jemaah (35%). Jemaah tertua berusia 79 tahun, atas nama Djamila Abdul Gani, asal Kec. Kota Tengah Kota Gorontalo, dan jemaah termuda berusia 23 tahun, atas nama Nevy Rahmi Nurjana, asal Kec. Kota Barat Kota Gorontalo. Jika ditelusuri dari latar belakang pekerjaan, maka jemaah Kloter 25 UPG terdiri pegawai BUMN/BUMD (1,6 ), Dosen (0,3), IRT (22,7 ), Pedagang (5,1), Pelajar (0,3%), Pensiunan (11,4%), Petani (2,4%), PNS (38,4%), Pegawai Swasta (1,9%), TNI/POLRI (0,8%), dan wiraswasta (15,1%). Kloter 25 UPG akan menempati Maktab 1 Rumah 104 wilayah Mahbas Jin, atau kurang lebih 2,5 km dari Masjidil Haram.

Gubernur Gorontalo, Drs.H. Rusli Habibie,M.AP saat memberangkatkan jemaah Kloter 25 UPG, Rabu (2/10) dini hari mengungkapkan, jemaah haji Provinsi Gorontalo dari tahun ke tahun terus meningkatkan. Hingga saat ini daftar tunggu (waiting list) sampai dengan tahun 2021, atau sekitar 8 ribuan jemaah. Gubernur menghimbau, agar persiapan jemaah lebih matang baik fisik, mental maupun spritual. Pemerintah Provinsi Gorontalo kata Gubernur, akan selalu berjuang untuk melakukan pembenahan bandara Djalaluddin agar lebih repesentatif baik dari landasan pacunya, maupun kenyamanan terminal. Tahun ini kata Gubernur akan dilakukan perbaikan landasan pacu (runway) dan pembuatan terminal.

Sementara itu, jemaah Kloter 26 UPG asal Kab. Gorontalo, Kab. Boalemo, Kab. Pohuwato dan Kab. Bone Bolango, masuk asrama haji Embarkasi Antara Gorontalo, Rabu (2/10) sekitar pukul 21.30 berjumlah 344 orang didampingi 5 orang petugas yaitu, Amin Mohuhe (Ketua Kloter), Alwin Toma (Pembimbing Ibadah), Mohamad Natsir Abdul (Dokter Kloter), serta Karim Issa dan Eka Fitriani, keduanya adalah Paramedis. Seperti biasanya kata Kabid. PHU, Misnawaty S. Nuna, Kloter 26 akan berada di asrama haji Embarkasi Antara Gorontalo selama 1 hari, untuk menjalani proses administrasi perjalanan, pemeriksaan kesehatan, pembagian gelang identitas, dan pembagian pasport serta pembagian living cost. Misnawaty mengaku, PPIH akan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para jemaah. Jemaah Kloter 26 UPG ini rencana akan bertolak ke Makassar, pada hari ini (3/10) sekitar pukul 20.00. (Uq)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.020304 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 310157
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.