Kamis, 26 Mei 2011, 11:00 –
Kanwil Matangkan Perencanaan Anggaran

GORONTALO-Guna mematangkan program kerja dan penggunaan anggaran untuk tahun 2012 mendatang, maka Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo melalui Bagian Tata Usaha menggelar Orientasi Bimbingan Perencanaan, Rabu (18/5) dengan menghadirkan seluruh utusan satuan kerja (satker) di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo.

Kasubag Perencanaan, Keuangan dan IKN, H. Mahmud Y. Bobihu, M.MPd mengemukakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang tata cara pelaksanaan anggaran berdasarkan aturan dan perundangan yang berlaku. Peserta kata Mahmud adalah seluruh satuan kerja yang berada di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo jajaran tata usaha sebanyak 40 orang.

Sebagai upaya Kementerian Agama dalam mematangkan kompetensi para aparatur yang bertugas menyusun perencanaan dan keuangan, maka pada kegiatan ini turut dilibatkan pihak Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN), Kantor Pelayanan Pajak termasuk Dinas PU Kimpraswil Provinsi Gorontalo, menyangkut prosedur barang dan jasa. “Kita berharap dengan pemateri yang kompeten di bidangnya, bisa memberi dampak lebih baik pada sistem perencanaan kita,” aku Mahmud.

Kepala Bagian Tata Usaha, Dra. Hj. Fitriyani Humokor, M.Pd.I mewakili Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo ketika membuka kegitan ini menyampaikan, kegiatan ini sudah menjadi program rutin Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo setiap tahun. Meski demikian kata Fitriyani, kegiatan ini tidak hanya dilihat sebagai siklus tahunan untuk menggugurkan kewajiban, akan tetapi benar-benar diseriusi sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Mengingat regulasi di negara ini khususnya dalam hal pengelolaan keuangan selalu ada perkembangan dan perubahan, sehingga dibutuhkan koordinasi untuk menyikapi hal tersebut.

Memang diakui Fitriyani, beberapa waktu lalu pihaknya sempat melakukan monitoring ke setiap satker selain untuk evaluasi pelaksanaan anggaran juga sebagai upaya pendampingan ke masing-masing satker, ditemukan beberapa hal yang belum berdasarkan standarisasi yang ada, meskipun tidak mengganggu proses pengelolaan anggaran, dengan dibuktikan pihak KPPN tetap bisa merespon dengan positif. Apalagi dari hasil audit Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, beberapa waktu lalu, Provinsi Gorontalo dianggap masih lebih baik, tertib dan rapi dibanding daerah lain. Akan tetapi kata Fitriyani, tetap ada upaya dan semangat untuk terus melakukan pembenahan dan perbaikan demi kesempurnaan pengelolaan dan pelaporan keuangan di masa datang. Apalagi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo pada Rapat Kerja Daerah lalu, telah bertekad agar tahun 2011 ini sebagai tahun tanpa temuan. (sukri/syahrul)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.032808 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 340593
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.