Jumat, 12 Agustus 2011, 11:00 –
Kanwil Gorontalo Gelar Buka Puasa Bersama

GORONTALO-Momentum Ramadhan tahun ini, juga dimanfaatkan jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, untuk berbagi dengan sesama melalui kegiatan Buka Puasa Bersama. Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, dengan mengundang para dhuafa dan masyarakat sekitar kantor, termasuk sejumlah Mubaliq di daerah ini.

Acara Buka Bersama ini juga dirangkai dengan pemberian bantuan seperangkat alat sholat dari Pembimbing Zakat Wakaf, kepada 80 orang masyarakat dan 10 set Al Qur`an dan Tafsir yang berasal dari Bidang Urais dan Penyelenggara Haji Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo kepada para Mubaliq. Bantuan alat Sholat ini kata Pembimbing Zakat Wakaf, Drs. H. Arfan A. Tilome,M.HI untuk pria berupa sarung, baju gamis, dan sajadah. Serta untuk wanita berupa mukena lengkap dan sajadah. Kehadiran para Mubaliq diantaranya, KH. Rasyid Kamaru, Drs. H. Muin Mooduto, H. Lukman Katili, H. Aldes Ilahude, pada acara Buka Bersama ini, selain menerima paket bantuan Al Qur`an dan Tafsir juga untuk berbagi rasa dengan para jamaah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Dr. H. Abd. Kadir Ahmad, MS menyampaikan, acara ini sangat istimewa karena menjadi ajang pertemuan para Mubaliq dan kaum dhuafa serta masyarakat sekitar. Kakanwil pun menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada para Mubaliq, yang selama ini tanpa mengenal lelah selalu memberi pencerahan kepada masyarakat. Bahkan disebutkan, perjuangan para mubaliq ini dilakukan tanpa prosedur administrasi atau SPPD (biaya perjalanan dinas-red). Apa yang dilakukan para Mubaliq kata Kakanwil merupakan tindakan riil dan subtantif dalam memberikan pencerahan, sedangkan Kementerian Agama, pada aspek administrasinya.

Pada kesempatan yang dihadiri Ketua DWP Kanwil Kemenag Prov. Gorontalo, Hj. Fadilah Abd. Kadir Ahmad, MH, Kabag TU, Dra. Hj. Fitriyani Humokor, M.Pd, Kabid. Peka Pontren Drs. H. Marwan Razak, M.Pd.I, Kasubag Hukmas, KUB dan Umum H. Iswad Abd. Pakaya, S.Ag, Kasubag Perencanaan dan Keuangan H. Mahmud Y. Bobihu, M.MPd dan Kasubag Kepegawaian, Hj. Nontje Hadji, M.Si, Kakanwil menghimbau kepada para Mubaliq untuk mensosialisasikan kembali program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji (GM3) agar selalu digalakan. Pihaknya pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang sudi menghadiri kegiatan ini, utamanya yang telah menerima bantuan, semoga bisa bermanfaat, meski dari segi nilai mungkin masih kecil.

Dr. Ahmad Faisal yang bertindak sebagai penceramah pada acara tersebut, banyak mengupas tentang pentingnya mengutamakan ibadah yang berdimensi sosial kemasyarakatan, yang harus dijalankan secara berimbang dengan ibadah ritual. Ahmad Faisal mengatakan, terkadang pemikiran di masyarakat telah terpola bahwa jika seseorang rajin sholat, dan kegiatan ibadah ritual lainnya telah memberi jaminan manusia masuk surga. Padahal dalam Al Qur`an sangat banyak seruan-seruan Allah untuk memperbanyak ibadah yang berdimensi sosial, karena memberi manfaat nyata kepada masyarakat. Tanpa harus mengabaikan ibadah ritual. (sukri/mudi)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.029083 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 346677
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.