Kanwil Gorontalo Terbaik Rekonsiliasi Laporan Keuangan

...

GORONTALO (kemenag.go.id) – Di awal tahun 2018, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo mulai mengukir prestasi membanggakan. Ini setelah berhasil menjadi Terbaik Pertama Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Tahun 2017 oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gorontalo. Hebatnya lagi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo menjadi terbaik Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan dua bulan berturut-turut yaitu bulan Oktober dan Nopember.

Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala KPPN Gorontalo, Totok Suyanto kepada Kabag Tata Usaha, H. Hamka Arbie,M.HI mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Dr.H.Rusman Langke,M.Pd. Diserahkan pada acara Refleksi Hari Bakti Perbendaharaan 2018, Rabu (24/1/18). Membanggakannya lagi, salah satu Satker di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Gorontalo  yaitu MTsN Imana juga mendapat penghargaan yang sama untuk laporan bulan Desember 2017. Diterima Kepala Urusan Tata Usaha MTsN Imana, Wani Tuki,M.Si.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Dr.H.Rusman Langke,M.Pd mengaku bangga dengan prestasi ini. Hal membuktikan bahwa Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo dan Satker di lingkungannya sangat patuh dengan Laporan Keuangan, termasuk pelaksanaan Rekonsiliasi Data Keuangan.

Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi untuk lebih baik lagi, dan motivasi kepada Satker yang belum berhasil mendapat penghargaan kali ini. Kakanwil pun menyampaikan, agar para pengelola keuangan tidak terkecuali bagian pelaporan, untuk terus meningkatkan kemampuan dan semangat dalam melaksanakan tugas. "Pengetahuan, keterampilan dan semangat menjadi modal besar dalam pelaksanaan tugas yang baik," aku Kakanwil.

Hal senada juga disampaikan Kabag Tata Usaha, H. Hamka Arbie,M.HI. Menurutnya, apa yang diperoleh ini tidak lepas dari kerja keras dan usaha serius. Selaku pejabat yang bertanggung jawab terhadap kesekretariatan termasuk laporan keuangan, penghargaan ini akan menjadi motivasi dan "cambuk" untuk terus melakukan hal yang lebih baik lagi. Pihaknya akan selalu memotivasi para pegawai yang bertanggung jawab terhadap pelaporan untuk terus menjaga komitmen dalam melaksanakan tugas. "Komitmen menjadi faktor utama yang harus dipertahankan," tegas Hamka.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, H. Alwin R. Toma,M.Si menjelaskan penghargaan ini diperoleh dari pelaporan Satker Pendis Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, yang dua bulan berturut-turut menjadi tercepat dalam rekonsiliasi. Hal ini kata Alwin tidak lepas dari kerja keras pengelola Laporan Keuangan Pendis, Ibrahim Rauf. "Olehnya saya sangat berterima kasih kepada teman-teman yang mendapat tanggung jawab dalam pengelolaan keuangan. Semoga kita kedepan lebih baik lagi," pungkasnya.

Penghargaan ini diberikan KPPN Gorontalo sebagai bentuk apresiasi kepada Satker yang telah menunjukan kinerja pengelolaan keuangan dengan baik. Pemberian penghargaan ini dalam rangka peringatan 14 tahun diberlakukannya UU Perbendaharaan yang merupakan produk asli Indonesia sebagai rujukan resmi pengelolaan keuangan di Indonesia. Pasalnya sebelum tahun 2004, regulasi yang menjadi rujukan pengelolaan keuangan di Indonesia masih warisan Belanda. Acara ini dikemas dalam bentuk Refleksi Hari Bakti Perbendaharaan 2018, dibuka secara resmi Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo. (ukhy/umar)