Petugas Haji Kemenag Kota Gorontalo Dipermantap

...

KOTA (kemenag.go.id) -- Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo melalui Seksi penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melaksanakan kegiatan Pemantapan Ketua Regu dan Ketua Rombongan Jamaah Haji  Musim Haji 1439 H/2018 M, Jumat (20/7). 

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo Dr.Drs.H. Marwan Razak, M.Pd.I , Kepala Seksi PHU Drs. H. Burhan Dunggio, M.Pd, Ketua Kloter 25 Hamdan Zain, S.Fil.I dan diikuti 48 orang masing-masing terdiri dari Ketua Regu dan Rombongan, bertempat di Ruangan Sekretariat Zona Integritas Kantor Kemenag Kota Gorontalo.

Saat memberikan arahan, Marwan Razak menguraikan hal-hal yang menjadi bagian dari tugas dan fungsi Ketua Regu dan Ketua Rombongan. Menurutnya yang menjadi tugas pokok dari Ketua Rombongan adalah membantu pelaksanaan tugas Ketua Kloter maupun Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) yang menyertai jemaah di bidang pelayanan umum dan ibadah. 

Selain itu kata Marwan, Ketua Rombongan juga bertugas untuk meneruskan informasi atau petunjuk-petunjuk dari Petugas Kloter, mengatur dan menjaga anggota rombongannnya agar tetap utuh, aman, tertib dan dapat mencapai kemabruran dalam melaksanakan ibadah haji serta menyelesaikan dan melaporkan permasalahan-permasalahan kepada Ketua Kloter. 

Sedangkan untuk tugas pokok dari Ketua Regu kata Marwan, adalah membantu pelaksanaan tugas Ketua Rombongan dan Petugas yang menyertai jemaah (Petugas Kloter) yang bertugas di bidang pelayanan umum dan ibadah. 

“Sedangkan fungsi dari ketua regu yaitu meneruskan informasi atau pengumuman atau petunjuk-petunjuk dari Ketua Rombongan dan Petugas Kloter, TPHI, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), serta melaporkan permasalahan-permasalahan yang terjadi dilapangan kepada Ketua Rombongan,” jelas Marwan. (umar/opan)