Guru PAI Inisiasi Pawai Hijratul Rassul di SDN 01 Tilamuta

... Pose bersama guru PAI SDN 01 Tilamuta, Hamsah Noho M.Pd pose bersama Kepala SDN 01 Tilamuta H. Ahmad Anwar, S.Pd didampingi Ketua Komite dr. H. Roni H. Imran dan siswa-siswi sesaat sebelum pelaksanaan pawai Hijratul Rasul.

Boalemo (kemenag.go.id) – Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Tilamuta, Hamsah Noho M.Pd menggelar kegiatan Pawai Hijratul Rasul bersama sejumlah siswa/i SDN 01 Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Senin (10/9) dalam menyambut peringatan satu muharam 1440 Hijriyah, dengan melaksanakan pawai Hijratul Rassul.

Pada kesempatan itu, guru PAI Hamsah Noho M.Pd  mengatakan, kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan oleh Guru dan para siswa SDN 01 Tilamuta. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Inti dari pelaksanaan peringatan tahun baru Islam ini adalah merupakan momentum untuk melakukan introspeksi dan evaluasi diri masing-masing. Apa yang kita kerjakan di tahun yang lalu, kita introspeksi dan evaluasi untuk kemudian kita perbaharui menuju tahun yang akan datang dengan peningkatan Iman dan Takwa Kita kepada Allah SWT,” terangnya.

Sementara itu Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Boalemo, Hj. Aminah Pakaya, S.Ag, mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan pawai hijratul Rasul yang dilaksanakan oleh para siswa/I SDN 01 Tilamuta.

“Ini merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental. Pendidikan karakter menguatkan lima nilai utama karakter peserta didik yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas. Peringatan tahun baru Islam ini termasuk dalam ranah nilai Religius,” pungkas Aminah.

Kepala SDN 01 Tilamuta H. Ahmad Anwar, S.Pd sesaat sebelum pelaksanaan Pawai Hijratul Rasul dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah menyampaikan,  momen tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah semestinya disambut dengan semangat baru. Semangat baru tersebut akan muncul setelah melakukan Muhasabah dan evaluasi diri. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran Surah Al-Hasyr ayat 18: Wahai orang-orang yang beriman! bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.

“Dalam menyambut tahun baru Islam ini yang ke 1440 Hijriyah ini, para siswa/I SDN 01 Tilamuta menyeleggarakan pawai akbar hijratul Rassul dengan berjalan kaki melintasi sepanjang jalan yang ada dilingkungan sekolah,” ungkapnya.

“Saya berharap, melalui pawai I Muharram ini, generasi muda dapat terus meningkatkan ketaqwaan dan menghindari prilaku negatif di era globalisasi,” tambahnya (isman/Ayiz)