Kemenag Bone Bolango Beri Pembinaan Kesehatan CJH 2019

...

BONBOL (kemenag.go.id) – Seksi Pembinaan Haji & Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Bolango bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango menggelar Kegiatan Pembinaan Kesehatan bagi para Calon Jamaah Haji (CJH) Tahun 2019, Jumat (05/10/18) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Bone Bolango.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bone Bolango, Drs. H. Suleman Tongkonoo, M.HI didampingi Kepala Seksi PHU, H. Jasmin Hilomalo,S.HI dan Pengelola Kegiatan Haji Dinas Kesehatan, Sus Vivi Yusuf serta menghadirkan 109 orang peserta yang terdiri dari para Calon Jamaah Haji dari Kabupaten Bone Bolango yang diperkirakan akan berangkat pada tahun 2019.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Bolango Suleman Tongkonoo mengapresiasi kegiatan ini karena dilaksanakan jauh hari sebelum jadwal keberangkatan jamaah haji, sehingga apabila ada keluhan dan penyakit dari para calon jamaah haji dapat diidentifikasi dan ditangani sejak dini.

Lebih lanjut Suleman menyampaikan bahwa informasi tentang perlunya kesehatan kepada para calon jamaah haji khususnya di Kab. Bone Bolango menjadi perhatian Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan, sehingga perlu dilakukan pembinaan secara terus menerus agar pentingnya kesehatan dapat dimengerti oleh calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji nantinya.

"Kegiatan ini penting karena dapat memberikan pemahaman terhadap calon jamaah tentang pentingnya kebugaran fisik dan kesehatan jasmani dalam pelaksanaan ibadah haji," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H.Jasmin menyampaikan harapannya kepada jamaah untuk bisa secara sadar dan mandiri dalam menjaga kesehatan. 

“Agar jamaah masuk dalam kategori istitho’ah dari segi kesehatan, maka diharapkan kepada para jamaah secara dini dapat menghindari hal-hal yang tidak baik bagi kesahatan, contohnya adalah bagi jamaah yang mengidap penyakit TBC maka ditangani sejak dini karena penanganan TBC memerlukan waktu hingga 6 bulan,” pungkas Jasmin

Pada akhir kegiatan para calon jamaah haji tersebut mendapatkan bimbingan kesehatan yang dibina langsung oleh Pengelola Kegiatan Haji Dinas Kesehatan, Sus Vivi Yusuf dan Dr.Hj. Nurhayati Ayuba dari Puskesmas Bone Bolango. (umar/iam)