TIM Kerja Pembangunan ZI Kemenag Gorut Gerak Cepat

...

GORUT (kemenag.go.id) – Dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) membentuk Tim kerja pembangunan Zona integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 

Tim berjumlah 35 personil bertugas pada masing-masing bidang yakni, Manajemen Perubahan, Penata tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sebagai wujud gerak cepat, Tim yang dibentuk melakukan rapat dan membahas hal-hal penting yaitu terkait tugas pokok dan fungsi masing-masing tim, serta rencana pemenuhan syarat-syarat menuju predikat Zona Integritas.

Rapat dipimpin Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Utara Dr. H. Arfan A. Tiome, MHI, bertempat di Gedung Auditorium Kemenag Gorut, Senin (8/10/18). 

Menurutnya, Pembangunan ZI pada instansi atau lembaga sangat penting, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 81 tahun 2010 tentang grand desaign reformasi birokrasi dan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 52 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM. 

“Sehingga setiap instansi dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kinerja, serta peningkatan kualitas pelayanan dan kepercayaan masyarakat,” ujar Arfan.

Arfan menuturkan seluruh pelaksanaan program kerja dan pelayanan kepada masyarakat selain mendapatkan penilaian dari masyarakat, juga dinilai oleh atasan dengan parameter regulasi. Oleh sebab itu, Arfan menghimbau kepada seluruh Apraturnya agar bekerja maksimal sesuai tugas dan fungsi serta selalu berdasar pada aturan perundang-undangan.

“Penilaian bukanlah tujuan akhir, tetapi bagian dari upaya memaksimalkan pelaksanaan tugas dan pelayanan,” imbuhnya. 

Seluruh Tim tanpak sangat antusias menguliti setiap komponen yang termaktub dalam panduan ZI, sembari memahami tugas dan fungsi masing-masing yang kemudian menilai kinerja dan dokumen yang tersedia maupun yang harus dilengkapi. (umar/irsyad)