Siswa MTsN 1 Kota Gorontalo Dilatih Ilmu Jurnalistik

...

KOTA (kemenag.go.id) – Sebanyak 70 siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo terlihat begitu antusias mengikuti pelatihan dasar jurnalistik yang bertempat di Aula terbuka MTsN 1 Kota Gorontalo selama dua hari yakni Rabu 10 s/d Kamis 11 oktober 2018.

Kepala MTsN 1 Kota Gorontalo Karjianto,M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk bisa menciptakan komunitas jurnalis pelajar guna pengembangan majalah dinding maupun website madrasah. Ia berharap para siswa yang mengikuti kegiatan ini bisa terus mengasah potensi yang dimiliki.

“Jangan berhenti sampai disini, Kalian (peserta) harus rajin belajar agar materi yang didapat hari ini, bisa menjadi bekal untuk menjadi jurnalis,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan ketua panitia Luki Husin,S.Ag,M.Pd, bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari. Untuk hari pertama ini mengundang narasumber atau pemateri dari kalangan jurnalis Gorontalo Post Jitro Paputungan, untuk menyampaikan materi seputar teknik – teknik dasar jurnalistik, khususnya teknik peliputan untuk media cetak. 

Kemudian hari kedua para peserta akan diajak langsung mengunjungi Graha Pena Gorontalo Post untuk melihat langsung proses pembuatan berita sampai proses cetak .

“Melalui kegiatan ini kami berharap akan muncul siswa atau generasi muda gemar menulis yang dapat menjadi kader jurnalis cerdas dan profesional,” pungkas luki.

Suasana antusias semakin terlihat ketika 70 orang siswa itu diberi tugas menulis berita yang diberikan oleh pemateri. Terlebih pihak panitia kegiatan memberikan doorprize bagi dua orang pelajara terbaik yang tulisan beritanya mendekati 5W+1H (Who, What, Where, When, Why dan How). (umar/riri)