Pilih Pengurus OSIS, MAN 1 Boalemo Terapkan Metode Digital

...

BOALEMO (kemenag.go.id) – Guna menunjang peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sebagai satu-satunya wadah organisasi siswa dalam mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan yang selaras dengan visi misi madrasah, maka Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Boalemo menggelar pemilihan pengurus OSIS di Aula Madrasah, Jumat (30/11/18).

Pesta Demokrasi internal siswa ini diadakan dalam rangka penggantian pengurus sebelumnya yang telah selesai melaksanakan masa tugas selama 2 tahun, dan dilakukan pemilihan kembali untuk membentuk kepengurusan yang baru masa bakti masa bakti 2018-2019.

Untuk pertama kalinya, pemilihan pengurus dilakukan dengan berbasis digital, dimana pemilih tidak lagi menggunakan kertas suara, tapi cukup menggunakan komputer atau alat komunikasi android yang terhubung dengan jaringan internet. Cara ini sangat efektif dan efisien karena suara yang dipilih akan terakumulasi secara otomatis dan terlihat langsung pada monitor komputer peladen (server) sebagai sebagai titik pusat perhitungan suara. 

“Inovasi ini dilakukan mengingat proses pemungutan suara dengan menggunakan kertas sebagaimana dilakukan sebelumnya dirasa tidak relevan lagi di zaman milenial seperti saat ini, mengingat masih membutuh proses dan waktu, sehingga kami mencoba lakukan perubahan sebelum perubahan itu sendiri dipaksakan menuju Madrasah Milenial,” ungkap Kepala MAN 1 Boalemo Erman Hubu, S.pd,M.pd.

Menurutnya, aktivitas program OSIS ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar dapat menumbuhkan kualitas anak bangsa, sehingga  melalui kegiatan internal Madrasah ini dapat melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan berahklak mulia. Pengurus harus mampu menjalankan Silahturrahmi dan Ukhuwa Islamiah sesama teman, baik dikalangan Madrasah maupun pergaulan dalam masyarakat, serta memiliki dedikasi, kreatif, inovatif untuk memajukan madrasah sehingga terwujudlah Madrasah Hebat Bermartabat.

Pemilihan yang dikoordinir Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kesiswaan Zepri Is Dzakaria,S.pd didampingi pembina OSIS Ramlawaty Kudu, S.pd.M.pd dihadiri oleh 261 siswa pemilih dan disaksikan staf Dewan Guru dan Tata Usaha.

Tampil sebagai pemenang Febriyanto Palinga dan Marsela Kobi dengan jargon “DAMAI” memperoleh suara terbanyak 194 suara mengalahkan kandidat Risal Afriyadi Mahmud dan Taslim dengan jargon “BERTASBIH BERSAMA” yang hanya meraih 67 suara.

Penulis : misriati/b@im
Editor : b@im
Sumber : -