Kakanwil Resmikan Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Anggrek

...

GORONTALO (Kemenag.go.id) – Gedung baru Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Anggrek siap untuk dimanfaatkan, menyusul diresmikannya Kantor tersebut oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo H. Kudrat Dukalang,S.Ag,M.Pd, (4/12/18) ditandai dengan pengguntingan pita dan dilanjutkan dengan doa yang digelar secara adat.

Turut hadir Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, H. Hamka Arbie,M.HI, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Hj. Fitriyani Humokor,M.Pd.I, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Utara Dr. H. Arfan Tilome M.HI, Camat Anggrek Drs. Roy U. Van Solang, M.Si dan Kapolsek Anggrek Jaka W.

Peresmian Gedung baru Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Anggrek dirangkaikan dengan Sosialisasi Regilasi Baru PMA No. 19 tahun 2018 bagi P4, tokoh adat dan tokoh agama tingkat Kecamatan Anggrek dan Monano. 

Kakanwil Kudrat Dukalang berharap gedung yang didanai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini dapat dimanfaatkan dengan baik masyarakat setempat terkait urusan keagamaan, terutama dalam hal pelayanan nikah dan manasik haji.

“Saya bersyukur Kantor ini sudah bisa digunakan. Ini bukti pelayanan Kementerian Agama semakin dekat dengan masyarakat, semoga pelayanannya berjalan baik,” harapnya. 

Menurut Kakanwil, saat ini Kementerian Agama telah mengeluarkan Regulasi baru yang mengatur pencatatan perkawinan yakni Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 19 bisa dijadikan pegangan dalam hal pencatatan nikah.

“Untuk mendukung itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo terus menjalankan Program Direktif Menteri Agama yang disebut BERKAH atau Belajar Rahasia Nikah, dibeberapa perguruan tinggi dan generasi muda,” imbuhnya.

“Tujuannya adalah untuk memberi pemahaman kepada generasi muda tentang pernikahan yang sehat menurut ajaran agama,” tutupnya. (mar/fuad)