Digelar Secara Adat, Peresmian KUA Anggrek Disaksikan Banyak Pihak

...

GORUT (kemenag.go.id) – Peresmian Gedung baru Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara diresmikan, Selasa (04/12/18) dengan disaksikan banyak pihak. 

Persemian yang ditandai dengan acara gunting pita oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo H. Kudrat Dukalang,S.Ag,M.Pd itu disaksikan oleh Kepaka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Dr. H. Arfan A. Tilome,MHI, Kabag TU Kanwil Kemenag Propinsi Gorontalo H. Hamka Arbi,MHI, KABID Pendidikan Madrasah  Hj. Fitriyani Humokor, M.Pd.I KASI Bimas Islam H. Yusrin Thaib,MH, Kepla KUA Anggrek Irwan Aday, Camat Anggrek Drs. Roy U. Van Solang,M.Si dan Kapolsek Anggrek Jaka W. 

Selain itu, hadir pula para kepala Desa, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh adat selaku pelaksana prosesi adat peresmian gedung yang merupakan kearifan lokal Kabupaten Gorut Khususya Kecamatan Anggrek. 

Disela-sela prosesi adat berlangsung sambil berbincang-bincang, Arfan Tilome menjelaskan bahwa, pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di Kecamatan Anggrek merupakan Revitalisasi pemenuhan gedung melalui skema pembiayaan surat berharga syariah negara (SBSN) yang sebelumnya adalah Kantor Urusan Agama Kecamatan.

Dengan diresmikannya gedung tersebut Kata Arfan, menandakan bahwa segala bentuk operasional pelayanan masyarakat sudah dapat dilaksanakan, pasalnya gedung dibangung tentu untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat, serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang dilayani.

“Gedung ini adalah untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat Gorut, khususnya Anggrek dan Monano, untuk itu silahkan datangi bagi yang butuh pelayanan dari KUA, terutama pelayanan nikah yang gratis,” jelas Arfan. 

Setelah prosesi adat dinyatakan selesai oleh pelaksana adat, Kakanwil dan Kakankemenag melanjutkan agenda yakni menyampaikan materi pada kegiatan Sosialisasi Regulasi Baru PMA Nomor 19 tentang Pencatatan Perkawinan yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Anggrek bertempat digedung Balai Nikah Kecamatan Anggrek. (mar/Irsyad)