Bekali Keluarga Harmonis, Kemenag Hadiahi Catin dengan Bimbingan Pra Nikah

...

POHUWATO (kemenag.go.id) – Memberikan pemahaman tujuan hidup berumah tangga sehingga dapat meminimalisir segala permasalahan yang timbul dan mengurangi tingginya angka perceraian yang terjadi saat ini. Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pohuwato melalui Seksi Bimbingan Masyatakat (Bimas) Islam gelar Bimbingan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin bertempat di Aula Kantor, Selasa (04/11/18).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Pohuwato Drs. H. Yudin Moonti, M.Pd saat membuka kegiatan menyampaikan, bimbingan ini sangat penting dilakukan untuk memberi bekal pengetahuan dan pemahaman serta keterampilan bagi Calon Pengantin (Catin) yang akan menjalani bahtera rumah tangga. 

Menurutnya, selain bermanfaat untuk diri sendiri dan pasangan, menikah bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi antar keluarga sehingga terciptalah suasana yang harmonis. Menikah menjadikan hidup menjadi tentram dengan pasangan untuk saling bersinergi dan berupaya melanjutkan keturunan. Hal ini tentunya perlu adanya pengetahuan dan pemahaman kepada catin.

“Kepada catin pria, kami berpesan agar menjalankan peranannya menjadi imam yang baik  dalam keluarga. Imam  yang membimbing keluarganya, mencari nafkah, memberi keamanan dan kenyamanan juga melindungi keluarganya dari kemaksiatan,” tandasnya.

“Suami yang baik adalah suami yang mampu menjadi suri teladan dalam keluarganya, dan ia pun harus berakhlak mulia serta memiliki ilmu agama mendalam, sehingga perahu rumah tangganya mampu ia kemudikan seperti yang diharapkan, sebab suami tipe seperti ini yang diidamkan oleh istri yang shalihah" lanjutnya. 

Sementara itu,  Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Drs. H. Amin Mohune menyampaikan kegiatan ini merupakan ikhtiar pemerintah melihat tingginya angka perceraian yang terjadi. Olehnya diharapkan dengan bimbingan pra nikah bisa membangun calon keluarga agar mempunyai pondasi yang kokoh sehinga mampu mengatasi segala problem rumah tangga.

Amin, mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menginisiasi kegiatan dan kepada peserta Ia berpesan agar mengikuti kegiatan dengan baik untuk bekal keutuhan rumah tangga yang harmonis dan menjadi keluarga “SAKINAH MAWADDAH WA ROHMAH”. 

Penulis : voger
Editor : b@im
Sumber : -