Kakanwil Resmikan Gedung Baru Balai Nikah Atinggola

...

GORUT (kemenag.go.id) – Pasca berakhir masa kontrak Pekerjaan Revitalisasi Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Atinggola, fasilitas Negara yang berdiri di pusat pemerintahan Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) sudah dapat dinikmati masyarakat. Gedung ini diresmikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo H. Kudrat Dukalang didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Utara H. Arfan A. Tilome, Kamis (6/12/18).

Pengresmian yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Wakaf ini dihadiri Kepala Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Atinggola Masni Ahama Ui, unsur Pemerintah Kecamatan, Komandan Rayon Militer (Danramil) dan Polri serta para tokoh agama dan tokoh agama di Kecamatan Atinggola.

Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan dengan adanya revitalisasi gedung-gedung Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Indonesia melalui anggaran program Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan bukti nyata keseriusan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama untuk melayani kebutuhan warga Negara.

“Dengan revitalisasi KUA menjadi Balai Nikah dan Manasik Haji menunjukkan bahwa layanan pada kantor ini bukan hanya sebatas melayani penikahan semata. Balai ini telah berevolusi dalam peningkatan pelayanan dengan menjadi pusat kegiatan konsultasi keagamaan, diantaranya nikah, penyuluhan, wakaf dan haji serta layanan lainnya yang menjadi tugas dan fungsi Kementerian Agama,” ungkap Kudrat.

Untuk wakaf itu sendiri, Kakanwil menyampaikan bukan hanya terbatas pada urusan wakaf tanah dan gedung saja, namun dapat pula berupa uang. Sehingganya masyarakat dapat beribadah sesuai dengan kemampuan keuangan masing-masing melalui program  wakaf uang yang diserahkan melalui panitia atau petugas yang telah ditetapkan.

“Dengan berdirinya Balai Nikah ini, Insya Allah masyarakat Gorontalo Utara ini menjadi teladan khususnya menjadi teladan dalam hal perwakafan. Untuk itu masyarakat saya imbau selalu berkoordinasi dengan kantor ini agar kerukunan dan permasalahan terkait keagamaan dapat dihindari,” tutupnya.

Penulis : rie/b@im/ayiz/fuad
Editor : 
Sumber : -