Kudrat Dukalang: Sholat Dhuha Membentuk Karakter Siswa Madrasah

... Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo, H. Kudrat Dukalang, S.Ag, M.Pd ketka memberikan tausiyahnya usai melaksanakan sholat dhuha bersama di MTsN 1 Bonbol, Jumat (18/1).

BONBOl, (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo, H. Kudrat Dukalang, S.Ag, M.Pd melaksanakan sholat dhuha berjamaah dengan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Bone Bolango (Bonbol),  Yurdan Puluraga, M.Pd bersama seluruh jajaran tenaga pendidik yakni para guru, honorer, dan didikuti oleh seluruh peserta didik MTsN 1 Bonbol, Jumat (18/1) yang berlangsung di halaman Madrasah.

Para siswa MTsN 1 Bonbol jabat tangan usai menjalankan sholat dhuha bersama Kakanwil.

Usai sholat dhuha bersama, orang nomor satu di Kanwil Kemenag Gorontalo ini memberikan Kuliah Tujuh Menit atau Kultum. Dimana Kudrat menyampaikan,  Madrasah tidak hanya mengajarkan teori teori materi pelajaran saja, tetapi juga memberikan ajaran ajaran Islam untuk membentuk karakter siswa, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan shalat dhuha MTsN 1 Bonbol sendiri.

“Pengamalan sholat dhuha mengacu pada kompetensi inti pada kurikulum yaitu menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut. Salah satunya lewat pengamalan sholat dhuha yang tak lain adalah menguatkan karakter dan sikap spiritual relegius para siswa/i itu sendiri khususnya para siswa yang ada di MTsN Bonbol sendiri,” ucapnya.

Antusias para siswi MTsN Bonbol bersalaman usai melaksanakan sholat dhuha bersama.

Lanjut Kakanwil mengatakan, banyak keutamaan, ketika orang menjalankaan ibadah sholat dhuha. Selain sebagai sedekah, sholat dhuha juga sebagai investasi amal cadangan yaitu dapat menyempurnakan sholat wajib, mendapatkan keuntungan yang besar, dicukupi kebutuhan, diampuni dosa walau seluas lautan dan Allah SWT akan membangun istana di syurga bagi yang gemar sholat dhuha.

"Manfaat sholat dhuha untuk kesehatan jasmani, dimana gerakan sholat dhuha yang dilaksanakan pada pagi hari ketika matahari memancarkan sinar yang baik untuk kesehatan. Ditambah kualitas udara yang masih baik dan diawali dengan wudhu yang baik juga dapat meningkatkan kesehatan," tutur Kudrat.

  Pose bersama Kakanwil Kemenag bersama jajaran staf dewan guru MTsN 1 Bonbol.

”Dengan ibadah yang dilakukan bersama sama diharapkan akan melahirkan pribadi pribadi atau siswa ini benar benar berakhlakul karimah. Dan tak hanya melaksanakan sholat saja, namun juga harusnya ada semacam kultum guna memberikan pembinaan, motivasi kepada peserta didik untuk di desiminasi secara langsung oleh setiap siswa kepada keluarganya. Dengan anak anak ini menunjukan dirinya melaksanakan ibadah kepada sang pencipta (Allah SWT), tentu secara tidak langsung memberikan dampak kepada orang tua mereka untuk melaksanakan sholat baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah,” tambah Kakanwil Kemenag diakhir Kultumnya sembari mengamanatkan agar kiranya para siswa/i di MTsN 1 Bonbol di biasakan melaksanakan sholat dhuha sebelum proses belajar mengajar di mulai sebagai upaya pembentukan karakter siswa yang religi. (Ayiz/Rjp)