MTsN 1 Kota Jadikan Masjidnya Pusat Sholat Berjamaah Siswa

... Suasana pelaksanaan sholat Jumat di Masjid MTsN 1 Kota Gorontalo

KOTA (Kemenag.go.id) – Setelah diresmikan pada bulan November lalu, Masjid Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo, mulai digunakan untuk pelaksanaan sholat 5 waktu termasuk sholat Jumat berjamaah. Dimana jamaahnya adalah sebagian besar dari siswa-siswi MTsN 1 Kota Gorontalo, para guru dan pegawai madrasah.

Kepala MTsN I Kota Gorontalo, Karjianto, M.Pd ketika dikonfirmasi mengenai hal itu mengemukakan, program sholat 5 waktu termasuk sholat Jumat di MTsN 1 Kota Gorontalo ini sudah dimulai sejak masjid ini dibangun dan diresmikan Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Gorontalo. H. Kudrat Dukalang.

“Program ini dijalankan mengingat waktu selesainya proses belajar mengajar di MTsN 1 Kota Gorontalo berakhir pada pukul 15.00 Wita. Karena diperkirakan jeda waktu siswa menuju Masjid cukup tipis maka kami menyepakati untuk memulai program shalat Jumat berjamaah di Masjid madrasah saja,” ujarnya.

Lebih lanjut Karjianto, M.Pd, berharap program sholat berjamaah ini dapat memupuk rasa persatuan, kekeluargaan antara siswa dan guru serta menumbuhkan rasa cinta terhadap Masjid.    “Semoga program ini dapat dijaga dan memberikan dampak positif kepada seluruh keluarga besar civitas MTsN 1 Kota Gorontalo,” lanjutnya lagi.

Hal senada juga disampaikan H. Yudin Mohamad, S.Pd, selaku Ketua Ta’mirul Masjid madrasah yang mengatakan, “Ada beberapa manfaat Masjid bagi pendidikan anak-anak usia sekolah, diantaranya adalah anak-anak akan lebih mencintai Masjid sebagai tempat ibadah yang nyaman dan khusu’, disamping itu pula keamanan siswa lebih terjamin dibandingkan dengan harus keluar gerbang sekolah khususnya pada saat sholat Jumat. (riri/opan/rjp)