Terapkan ARD Madrasah, MTsN 1 Kota Gorontalo Kunjungi MAN 2 Kabgor 

...

KOTA (kemenag.go.id) – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Kota Gorontalo mulai berbenah seiring dengan diterapkannya Aplikasi Raport Digital Madrasah (ARD Madrasah) oleh Dirjen Pendis Kemenag untuk setiap jenjang madrasah. Salah satu yang dilakukan adalah menyambangi MAN 2 Kabupaten Gorontalo, Kamis (17/1/19).

Menurut Kepala MTsN 1 Kota Gorontalo Karjianto, kunjungan ke MAN 2 Kabupaten Gorontalo ini dilakukan untuk melihat penerapan ARD sekaligus melakukan kerja sama.

"MAN 2 Kabupaten Gorontalo adalah salah satu madrasah yang ada di Provinsi Gorontalo yang sudah menerapkan ARD Madrasah, sehingga kami perlu belajar dan bertukar pikiran terkait pengoperasian ARD Madrasah ini," ungkapnya.

Karjianto menjelaskan, ARD adalah hal baru. Sehingga dalam penerapannya masih butuh proses. Apalagi ARD mulai diberlakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Karena itu ia berharap sepulangnya dari MAN 2 Kabgor, bisa segera menularkan kepada seluruh guru dan operator apa yang mereka peroleh.

"Dengan adanya ARD Madrasah ini, tugas dari tenaga pendidik menjadi bertambah. Ada 1.174 siswa yang nantinya akan dimasukkan dalam ARD tersebut. Dan nantinya sesuai namanya Aplikasi Raport Digital, maka para guru bisa mengerjakan aplikasi ini bisa di rumah karena nantinya akan terintegrasi secara daring/online," terang Karjianto.

Kepala MAN 2 Kabupaten Gorontalo Romi Bau sangat mengapresiasi niat baik dari MTsN 1 Kota Gorontalo untuk mengunjungi MAN 2 Kabgor dalam hal penerapan ARD Madrasah. Ia pun berharap kerja sama ini tetap terus berlanjut walau dalam konteks yang berbeda. Sehingga sinergitas antar madrasah tetap terus terbangun. (riri/opan/rie)