STQH Provinsi Dibuka, Nilai Alquran Dibumikan di Tanah Serambi Madinah

... Tabuh Bedug oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menandai STQH Provinsi Gorontalo dimulai

GORONTALO (kemenag.go.id)---Bedug ditabuh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, menandakan Seleksi Tilawatil Quran Hadits (STQH) I Tingkat Provinsi Gorontalo dimulai. Ajang penjaringan kafilah yang bakal mewakili provinsi Gorontalo di tingkat Nasional ini digelar di Aula Asrama Haji Gorontalo, Kamis (18/4/19) malam.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Budiyanto Sidiki sekaligus Ketua panitia dalam laporannya menyampaikan, STQH yang digelar saat ini adalah untuk menjaring peserta yang akan tampil diajang STQH tingkat Nasional di Pontianak, Kalimantan Barat mendatang. Pelaksanaan STQH sendiri dilangsungkan selama 3 hari kedepan, sejak Kamis (18/4/19) bertempat di Asrama Haji Gorontalo.

Sejumlah 61 peserta perwakilan kafilah Kabupaten dan Kota se provinsi Gorontalo ini akan saling menunjukkan kemampuannya dibeberapa kategori yang diperlombakan, yakni Tilawah Golongan Anak dan Dewasa, Hifzil dan Tilawah Quran (1, 5, 10, 20, dan 30 juz), serta Hafalan 100 dan 500 Hadits.

Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo H. Idris Rahim dalam sambutannya sangat mengapresiasi terselenggaranya kompetisi penjaringan ini, dan mendorong kecintaan terhadap Alquran menjadi budaya di Provinsi yang berjulukan sebagai Kota Serambi Madinah ini.

“Gorontalo yang mayoritasnya beragama Muslim, tapi kita tidak mengenal mayoritas itu, yang kita kenal adalah Gorontalo adalah daerah yang menjunjung tinggi nilai keberagaman beragama. Dengan STQH ini, kita bumikan kecintaan masyarakat Gorontalo kepada Alquran. Mengapa? karena sejalan dengan julukan Gorontalo sebagai Kota Serambi Madinah,” tutur Idris Rahim.

“Menyambut kata Kakanwil Kemenag Gorontalo bahwa membumikan Alquran dilakukan sejak dini, untuk itu kedepan bisa diadakan perlombaan ditingkat Madrasah dan Pondok Pesantren yang ada di Gorontalo,” imbuhnya.

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim bersama Kakanwil Kemenag Gorontalo H. Kudrat Dukalang dan Ketua LPTQ Budiyanto Sidiki berpose bersama para Dewan Hakim STQH tingkat Provinsi Gorontalo

Sebelumnya, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo H. Kudrat Dukalang menyampaikan semangatnya untuk membumikan Alquran dan Hadits di tanah Gorontalo ditanamkan sejak dini, sehingga menjadi pembiasaan dan mengakar serta menumbuhkan ahklak yang terpuji.

“Kami dukung LPTQ agar bisa lebih gencar melaksanakan program pembinaan Alquran dan Hadits sampai ke kalangan anak-anak, khususnya dalam penguatan penghafalan Hadits,” ungkap Kudrat. 


Penulis     : b@Im
Editor     : b@Im
Sumber    : Panitia STQH Provinsi Gorontalo