Karjianto: Inilah Hikmah dari Nuzulul Quran

... Kepala MTsN 1 Kota Gorontalo, Karjianto, ketika menyampaikan tausyiahnya dihadapan para jamaah masjid Al-Jihad, Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

Kota (kemenag.go.id) – Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo, Karjianto dihadapan para jamaah Masjid Al-Jihad, Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Rabu, (22/5/19), menyampaikan hikmah diturunkannya Alquran oleh sang maha pencipta Allah SWT yaitu ada tiga keutamaan.

Pertama, sebagai petunjuk bagi manusia menuju kebahagiaan mereka di dunia dan di akhirat. Kedua, Sebagai penjelasan ajaran ajaran dan hukum hukum syari'at Islam untuk kebaikan manusia disaat hidup maupun mati. Ketiga, Sebagai pemisah antara yang Haq dan yang Bathil, antara kebaikan dan kejahatan, antara  kebahagiaan dan kesengsaraan, dan antara petunjuk dan kesehatan.

“Tujuan utama diturunkannya Alquran terdapat dalam  Alquran surat Al-Baqarah 185 yang artinya bulan Ramadhan, ialah bulan yang didalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang salah)," tuturnya sembari mengutip firman Allah SWT.

Lanjut Karjianto menambahkan, ayat tersebut juga mengisyaratkan bahwa Alquran adalah petunjuk yang jelas bagi umat manusia dengan petunjuk itu manusia bisa membedakan mana yang hak dan bathil.

“Sejatinya fungsi Alquran, yaitu sebagai pedoman hidup umat manusia. Karena itu bila Alquran dipelajari dengan benar dan sungguh sungguh akan membantu kita menemukan nilai nilai yang dapat dijadikan pedoman untuk menyelesaikan berbagai problem dan persoalan hidup,” imbuhnya saat diakhir tausyiahnya sembari mengajak kepada para jamaah agar Alquran dijadikan pedoman dan petunjuk dalam kehidupan sehari hari agar dapat selamat baik di dunia dan Akhirat.  (Aa/Ayiz)